Ini Jalur Alternatif jika ”Stuck” di Jawa Barat

Kompas.com - 23/07/2014, 17:03 WIB
Ini dia jalur alternatif di kawasan Polda Jabar yang bisa dimanfaatkan. Korlantas PolriIni dia jalur alternatif di kawasan Polda Jabar yang bisa dimanfaatkan.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — Jawa Barat diprediksi menjadi provinsi paling padat dilalui para pemudik. Korlantas Polri bahkan menyiagakan personel tambahan untuk memantau arus mudik di kawasan yang menjadi cakupan Polda Jabar, terutama pantura sepanjang Cikampek hingga perbatasan Jawa Tengah.

Untuk itu, disiapkan ”jalur cadangan” untuk mengalihkan arus jika terjadi kepadatan, terutama mulai H-3 atau Jumat (25/7/2014). KompasOtomotif mendapat informasi jalur-jalur alternatif yang mungkin berguna sebagai bahan referensi.

Diperkirakan terjadi kemacetan parah di tujuh titik ini, yakni Ciawi, Cikampek, Sadang, Palimanan, Sumedang, Nagreg, dan Pejagan. Jika memang terjadi, kemungkinan besar polisi akan mengarahkan ke jalur-jalur alternatif.

Anda bisa memilih jalur-jalur alternatif terdekat yang sesuai tujuan akhir. Polisi menjamin keamanan di sepanjang jalur alternatif dengan membangun posko-posko yang siaga 24 jam, berikut regu penembak jitu untuk mengantisipasi kejahatan tingkat tinggi.

”Jika ada polisi yang mengarahkan ke jalur alternatif, ikuti saja. Tak harus berjam-jam di pantura. Polisi pasti lebih tahu kondisi jalan yang lebih lancar karena informasi yang diterima berantai dari masing-masing petugas,” tegas Kombes Pol Istiono, Kabag Ops Korlantas Polri.

Berikut ini jalur alternatif di Jawa Barat:
1. Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cikalong-Cianjur
2. Sadang-Kalijati-Purwodadi-Sukamandi
3. Pamanukan-Pegadenbaru-Subang-Kalijati-Sadang
4. Malangbong-Wado-Darmajaya-Situraja-Sumedang
5. Subang-Segala Herang-Lembang-Bandung
6. Dawuhan-Sumber Jaya-Kertajati-Jatitujuh-Jatibarang
7. Dawuhan-Majalengka-Talaga-Cikijing-Panawangan-Kawali-Ciamis
8. Dawuhan-Majalengka-Talaga-Cikijing-Kuningan-Ciawigebang
9. Nagrek-Kadungora-Tarogong-Garut-Salawu-Tasikmalaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.