Kompas.com - 18/07/2014, 10:20 WIB
Ilustrasi jika Nissan menempel pada jersey Manchester City/Nissan/Kompas.comIlustrasi jika Nissan menempel pada jersey "The Citizens".
|
EditorAris F. Harvenda
Tokyo, KompasOtomotif - Nissan Motor Company bertaruh bisa meningkatkan popularitas merek dagangnya dengan mensponsori klub jawara Liga Inggris, Manchester City, dalam lima tahun kontrak. Produsen mobil terbesar kedua di Jepang ini juga berharap bisa memperbesar kedekatannya pada konsumen di Eropa, mengalahkan pamor Toyota.

Langkah ini serupa dengan yang sudah dilakukan General Motors dengan penempelan logo Chevrolet di jersey Manchester United. Bedanya, kalau GM sudah tidak menjual lagi produk Chevrolet di Eropa, sedangkan Nissan masih cukup intens.

Baik GM dan Nissan sama-sama menginginkan popularitas dari liga sepak bola yang saat ini dikenal paling bergengsi di dunia. Jadi, bukan cuma orang Eropa yang menyaksikannya, tapi seluruh penggemar di China dan negara Asia lain.

Dalam kontrak lima tahun dengan City, Nissan akan mendapat keuntungan berupa perkenalan Leaf, sebagai mobil listrik yang dijual massal pertama di dunia. Bos Nissan Carlos Ghosn mengatakan, kesepakatan ini akan membantu, "memperkuat citra merek secara global."

Sebelumnya, ketertarikan di dunia sepak bola terlihat dari keputusannya menyokong ajang kejuaran Liga Champions Eropa selama empat tahun, mulai Agustus 2014.

Ferran Soriano, bos City Football Group mengatakan, Nissan akan menyediakan mobil listrik sebagai sarana penunjang latihan di Manchester, mulai akhir tahun ini. Merek tersebut juga akan tampil dominan di seluruh Stadion Etihad.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.