Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Hayate Pengurai Macet Mudik Semakin ”Tebal”

Kompas.com - 17/07/2014, 17:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Korlantas Polri memperbanyak alat khusus untuk mengurai kemacetan yang akan dipakai Satgas Pengurai Kemacetan. Ada 1.000 unit Suzuki Hayate yang sudah disiapkan sejak tahun lalu, sebagian sudah didistribusikan untuk Polda di Indonesia. Tahun ini akan diturunkan 300-an unit, khususnya mengawasi Pantura.

Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Istiono mengatakan, tim urai ini akan ditambah, khususnya dari masing-masing polda. ”Misalnya Polda Jabar yang akan menambah 300 unit dan tim urainya, begitu juga polda-polda lain juga pasti akan mengoperasikan unit pengurai macet. Pastinya tim ini akan semakin tebal,” ujarnya, Rabu (17/7/2014).

Semua komponen Suzuki Hayate untuk Satgas ini masih standar, hanya cat putih polos sudah diberi stiker biru merah khas Polisi di bagian badan. Aksesori pendukungnya adalah lampu rotator diletakan di bagian belakang dan sirine plus tombolnya di bagian depan.

Diharapkan, dengan adanya tim pengurai kemacetan ini kepadatan lalu lintas bisa lebih mudah diatur. Sepeda motor yang berdimensi tidak besar akan semakin memudahkan polisi untuk mengurai macet. Selain sepeda motor, Korlantas Polri siap mengoperasikan sekitar 1.600 kendaraan operasi berupa sedan, sepeda motor trail, hingga helikopter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com