Suzuki Hayate Pengurai Macet Mudik Semakin ”Tebal”

Kompas.com - 17/07/2014, 17:45 WIB
Suzuki Hayate untuk tim pengurai kemacetan Korlantas Polri. KompasOtomotif-Donny AprilianandaSuzuki Hayate untuk tim pengurai kemacetan Korlantas Polri.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Korlantas Polri memperbanyak alat khusus untuk mengurai kemacetan yang akan dipakai Satgas Pengurai Kemacetan. Ada 1.000 unit Suzuki Hayate yang sudah disiapkan sejak tahun lalu, sebagian sudah didistribusikan untuk Polda di Indonesia. Tahun ini akan diturunkan 300-an unit, khususnya mengawasi Pantura.

Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Istiono mengatakan, tim urai ini akan ditambah, khususnya dari masing-masing polda. ”Misalnya Polda Jabar yang akan menambah 300 unit dan tim urainya, begitu juga polda-polda lain juga pasti akan mengoperasikan unit pengurai macet. Pastinya tim ini akan semakin tebal,” ujarnya, Rabu (17/7/2014).

Semua komponen Suzuki Hayate untuk Satgas ini masih standar, hanya cat putih polos sudah diberi stiker biru merah khas Polisi di bagian badan. Aksesori pendukungnya adalah lampu rotator diletakan di bagian belakang dan sirine plus tombolnya di bagian depan.

Diharapkan, dengan adanya tim pengurai kemacetan ini kepadatan lalu lintas bisa lebih mudah diatur. Sepeda motor yang berdimensi tidak besar akan semakin memudahkan polisi untuk mengurai macet. Selain sepeda motor, Korlantas Polri siap mengoperasikan sekitar 1.600 kendaraan operasi berupa sedan, sepeda motor trail, hingga helikopter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.