Salah Satu Bukti Kualitas Produk Lokal Berkualitas Internasional

Kompas.com - 17/07/2014, 16:38 WIB
Berbagai produk Sakura SakuraBerbagai produk Sakura
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif – Produsen komponen otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM), mengatakan pembagian portfolio produksi terbagi menjadi 25 persen untuk lokal dan 75 persen buat ekspor. Hingga saat ini bisnis tengah menggeliat, sejak tujuh tahun ke belakang selalu bertumbuh 19 persen per tahun.

Selamat Sempurna telah berubah menjadi perusahaan publik sejak 1996. Memiliki pabrik di komplek industri ADR di Curug, Tangerang, Banten yang memproduksi OEM seperti saringan, radiator, pendingin oli, kondensor, pipa rem, pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot.

Rudy Soerjanto, Asst Sales Director SMSM, memaparkan perkembangan 2014 untuk lokal diperkirakan akan stagnan, tidak lebih dari pencapaian sebelumnya. Salah satu faktor penghambat, sektor pertambangan terus anjlok.

Namun untuk ekspor terus memberikan harapan cerah. Dijelaskan, SMSM mengekspor produk ke 110 negara. Terbesar di antaranya Rusia, sisanya Brazil, India, China, Australia, Belanda, Iran, Afrika Selatan, Nigeria, AS, dan Jepang.

Selain menyuplai barang jadi, SMSM juga berperan sebagai penyuplai komponen untuk produsen lokal di tiap negara. “Ada perusahaan lokal yang ingin memasang merek pribadi dengan harga khusus pada produk kita, bisa saja, tapi kita tetap paksa menggunakan spesifikasi kita,” jelas Rudy.  

Persaingan produk aftermarket semakin ketat, menurut Rudy setiap merek harus punya produk dari A-Z. “Kita sangat agresif untuk pengembangan produk baru,” tutupnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X