Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Bukti Kualitas Produk Lokal Berkualitas Internasional

Kompas.com - 17/07/2014, 16:38 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produsen komponen otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM), mengatakan pembagian portfolio produksi terbagi menjadi 25 persen untuk lokal dan 75 persen buat ekspor. Hingga saat ini bisnis tengah menggeliat, sejak tujuh tahun ke belakang selalu bertumbuh 19 persen per tahun.

Selamat Sempurna telah berubah menjadi perusahaan publik sejak 1996. Memiliki pabrik di komplek industri ADR di Curug, Tangerang, Banten yang memproduksi OEM seperti saringan, radiator, pendingin oli, kondensor, pipa rem, pipa bahan bakar, tangki bahan bakar, dan knalpot.

Rudy Soerjanto, Asst Sales Director SMSM, memaparkan perkembangan 2014 untuk lokal diperkirakan akan stagnan, tidak lebih dari pencapaian sebelumnya. Salah satu faktor penghambat, sektor pertambangan terus anjlok.

Namun untuk ekspor terus memberikan harapan cerah. Dijelaskan, SMSM mengekspor produk ke 110 negara. Terbesar di antaranya Rusia, sisanya Brazil, India, China, Australia, Belanda, Iran, Afrika Selatan, Nigeria, AS, dan Jepang.

Selain menyuplai barang jadi, SMSM juga berperan sebagai penyuplai komponen untuk produsen lokal di tiap negara. “Ada perusahaan lokal yang ingin memasang merek pribadi dengan harga khusus pada produk kita, bisa saja, tapi kita tetap paksa menggunakan spesifikasi kita,” jelas Rudy.  

Persaingan produk aftermarket semakin ketat, menurut Rudy setiap merek harus punya produk dari A-Z. “Kita sangat agresif untuk pengembangan produk baru,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com