Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamor SUV Kalahkan Sedan

Kompas.com - 17/07/2014, 11:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

New York, KompasOtomotif - Selama bertahun-tahun, mobil jenis sedan selalu menjadi idola utama konsumen di Amerika Serikat (AS), selain pikap. Kini, kecintaan konsumen pada sedan mulai pudar dan beralih ke segmen Sport Utility Vehicle (SUV) atau crossover.

Buktinya, data IHS Automotive menyatakan, total penjualan kendaraan ringan di AS periode Januari-Mei 2014 didominasi oleh SUV hingga 35,4 persen pangsa pasar. Angka ini sekaligus menjadi pertama kalinya SUV dan crossover berhasil melampaui penjualan sedan.

"Jenis kendaraan ini menawarkan kelebihan tampilan yang mengombinasikan kenyamanan sedan dan pikap. Dikombinasikan dengan peluncuran berbagai model dan desain baru, gaya bodi ini menawarkan opsi berbeda bagi pasar," jelas Tom Libby analis IHS Automotive dalam pernyataan resminya, dilansir Automotive News (16/7/2014).

Dalam lima bulan pertama tahun ini, pangsa pasar SUV dan crossover naik 2,6 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Hasil penjualan 2013 lalu, kedua jenis kendaraaan ini mencakup 34,4 persen pangsa pasar, masih di bawah 36,3 persen.

Pertumbuhan ini ditopang oleh membesarnya penjualan dari beberapa model, yakni Jeep Cherokee yang berhasil menguasai 47,2 persen pasar SUV menengah, menurut Pusat Data Automotive News. Model ini diluncurkan pada waktu yang tepat, ketika kedua jenis kendaraan SUV dan crossover lagi melonjak popularitasnya. "Merek Jeep itu sangat kuat. Tidak ada pesaing langsung," lanjut Libby.

Selain itu, IHS Automotive juga melihat ada beberapa model lain yang ikut mendorong penjualan SUV dan crossover hingga melesat tahun ini, antara lain Nissan Rogue, Chevrolet Tahoe, dan GMC Yukon. Menariknya, bukan cuma sedan saja yang berkurang popularitasnya di AS, penjualan pikap dan hatchback juga cenderung menurun, dengan rata-rata berkurang 0,5 persen pangsa pasar pada periode yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com