Komparasi Honda Mobilio RS, Toyota Veloz Luxury, dan Suzuki Ertiga Elegant

Versi Mewah "MPV Sejuta Umat", Geliat di Segmen Sengit

Kompas.com - 15/07/2014, 08:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Tak bisa dipungkiri bahwa low MPV (kendaraan multiguna bawah) masih menjadi segmen terbesar industri otomotif roda empat Indonesia. Nyaris semua produsen besar bermain di segmen ini dengan produk yang diklaim memiliki kelebihan masing-masing.

Si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang awalnya merajai kelas LMPV, kini tidak bisa lagi jumawa. Meski masih menyandang LMPV dengan penjualan terbesar, serbuan dari produsen lain seperti Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin dan yang gres Honda Mobilio, membuat persaingan kendaraan multiguna bawah semakin sengit.

KompasOtomotif-Donny Salah satu varian Avanza versi Luxury
Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang menceburkan diri di segmen ini pun harus pintar-pintar meraih minat konsumen. Salah satu cara yang diambil adalah dengan "bersolek" buat menaikan level low MPV dari mobil standar menjadi lebih "luxury".

Setidaknya sudah tiga produsen yang coba meng-upgrade LMPV masing-masing. Toyota dengan Avanza Veloz, Honda mengandalkan Mobilio RS dan Suzuki dengan Ertiga Elegant. Semuanya ditawarkan dengan ubahan pada sisi eksterior, interior sampai fitur-fitur yang tersemat. Tentunya perubahan itu ditebus dengan kenaikan harga, dengan kisaran sampai di atas Rp 200 juta.

KompasOtomotif Suzuki Ertiga
Aroma persaingan sudah semakin sengit, meski para kubu ATPM membantah keberadaan versi mewah dari LMPV ini adalah bentuk perlawanan pada kompetitor. Toyota Astra Motor (TAM) sebagai sang raja menegaskan Avanza dan Veloz Luxury dihadirkan bukan karena kompetitor, tapi karena kebutuhan konsumen.

"Sudah saya katakan berkali-kali, ini akan memberikan suasana persaingan yang baik untuk otomotif Indonesia dan konsumen. Kami melihat kehadiran Avanza dan Veloz Luxury dari sudut konsumen, bukan sebaliknya. Ini semua karena permintaan konsumen dari hasil survei kami di berbagai daerah," tegas Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo, beberapa waktu lalu.

Menarik untuk dibahas apa-apa saja yang ditawarkan Toyota Veloz Luxury, Honda Mobilio RS dan Suzuki Ertiga Elegant, buat mempertegas siapa pemegang segmen "unik" ini, sekaligus meraih minat publik yang bermuara pada naiknya angka penjualan.

Silakan lihat artikel lain di tautan berikut :
- Eksterior
- Interior
- Perbandingan harga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.