Ini Alasan Rossi Bertahan 2 Tahun Lagi di MotoGP

Kompas.com - 13/07/2014, 15:40 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memperhatikan motornya saat sesi kualifikasi GP Italia di Sirkuit Mugello, Sabtu (31/5/2014). MOTOGP.COMPebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memperhatikan motornya saat sesi kualifikasi GP Italia di Sirkuit Mugello, Sabtu (31/5/2014).
|
EditorAris F. Harvenda
Sachsenring, KompasOtomotif - Valentino Rossi terlihat santai dalam sesi konferensi pers resmi menjelang GP Jerman di Sachsenring (11/7/2014). Mungkin karena lega, kontraknya bersama Yamaha sudah resmi ditandatangani dan berharap memperoleh hasil terbaik.

Tapi, bukan Rossi namanya kalau tidak punya ambisi terpendam, yakni memenuhi keinginannya menduduki kembali puncak klasemen MotoGP. Bersama Yamaha, juara dunia 9 kali itu akan mendapat sokongan penuh untuk memenuhi sumber daya yang dibutuhkan untuk menyokong timnya.

Hebatnya, Rossi tidak malu-malu menyampaikan ambisi itu ke publik. "Saya ingin bertahan dua tahun lagi, karena mau mencoba sepeda motor untuk musim 2016," jelas Rossi. Pebalap Italia itu percaya musim 2016 akan mengalami perubahan dramatis dalam kejuaraan MotoGP.

Pertama, karena ada regulasi baru soal ban dan penyeragaman ECU pada seluruh tunggangan pebalap akan mengembalikan level persaingan ke titik nol. "Itu akan seperti 'era nol'," tambah Rossi.

Rossi juga mengaku bahagia karena cara mengemudinya bisa beradaptasi dengan generasi baru Yamaha M1 yang baru dimilikinya akhir 2013 lalu. Selama absen, jelas Rossi, Yamaha telah membangun mesin sesuai dengan cara mengemudi Lorenzo dan sampai kini ia masih berusaha memahami karakteristik tunggangannya.

Selain itu, keputusan mengganti kepala tim teknisi Jeremy Burgess dengan Silvano Galbusera, menunjukkan kalau Rossi mulai menciptakan prototipe baru. Pada waktu bersamaan, dengan dukungan solid dari Yamaha dan pengalaman sebagai pebalap, mulai menunjukkan hasil. Buktinya, Rossi kini kembali kompetitif dan menduduki peringkat kedua klasemen sementara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.