Penyakit “Recall” GM Terdeteksi Sejak 1997

Kompas.com - 07/07/2014, 12:30 WIB
Chevrolet Malibu generasi kelima (1997-2003). WikipediaChevrolet Malibu generasi kelima (1997-2003).
|
EditorAris F. Harvenda

Detroit, KompasOtomotif – Ternyata, masalah pada kunci kontak mobil milik General Motors telah dikeluhkan banyak pemilik sejak 1997. GM mengatakan tidak mengetahui hal ini, saat menyatakan tambahan unit recall terbaru, pekan lalu, tidak disebutkan kapan pertama kali “penyakit” ini mulai diketahui.

Menurut data National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), komplain berdatangan ke dealer segera setelah Chevrolet Malibu menyentuh pasaran pada 1997. Dijelaskan, saat itu tidak semua kasus bisa diselesaikan.

Kendala yang disebutkan beragam, di antaranya, kunci tersangkut dan hanya bisa dicabut bila mobil sedang dikemudikan, mesin berulang kali gagal menyala akibatnya mobil mogok. Seorang wanita pernah mengaku tujuh kali “terdampar” karena Malibu 1997 miliknya tidak bisa menyala dan kunci tidak bisa dilepas. Dealer telah dua kali mengganti kunci kontak, tetapi masalah yang sama masih terus terjadi.  

Mogok
Dalam laporan beberapa tahun kemudian, seorang pemilik mengatakan pernah mengalami mogok saat mengemudi di jalan raya. Ia mengatakan, mengganti kunci kontak bisa menyelesaikan masalah. GM menyadari hal ini kemudian memutuskan dealer agar menanggapi dengan serius, tapi tidak dalam status recall.

Lalu hampir dua dekade kemudian, GM mengumumkan perbaikan massal meliputi seluruh model Malibu 1997 dan lebih dari delapan juta unit lainnya dengan permasalahan sama, plus mematikan fungsi kemudi, pengereman, dan kantung udara.

Tercatat GM sudah dua kali melakukan recall dengan masalah yang sama. Pada awal 2014, sekitar 2,6 juta kendaraan diperbaiki. Saat ini ada 13 kematian yang terkait dengan hal itu. Hingga Juli, total 15 juta kendaraan GM harus ditarik kembali, jumlah terbesar sepanjang sejarah pabrikan asal Amerika Serikat.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X