Generasi Baru Kijang Innova "Berdarah" Indonesia

Kompas.com - 04/07/2014, 09:40 WIB
Toyota Kijang Innova facelift, sentuhan baru ada pada gril. TAMToyota Kijang Innova facelift, sentuhan baru ada pada gril.
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia sudah dikabarkan akan melahirkan generasi terbaru Kijang Innova pada 2015. Saat ini, proses finalisasi produk masih dilakukan dan dikerjakan dengan melibatkan desainer dan insinyur asli Indonesia.

"Karena pasar Kijang Innova terbesar itu di Indonesia, jadi orang kita juga yang ikut mengembangkannya," jelas I Made Dana Tangkas, Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kepada KompasOtomotif, di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Sama seperti menciptakan model baru lainnya, proses pengembangan dilakukan sejak jauh-jauh hari. Proses riset pasar menjadi latar belakang pertama, bagaimana produk akan diciptakan.

"Sketsa biasa digambar di sini (Indonesia) oleh orang kita kemudian dibawa ke Jepang. Orang kita ke Jepang, terlibat dalam pembuatan model dari tanah liat, sampai prototipe atau konsep," beber Made.

Berkat kemajuan teknologi informasi, proses komunikasi dengan Jepang juga jauh lebih efisien, tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri. Kijang Innova diciptakan menggunakan satu platform yang sama, Innovative Multipurpose Vehicle (IMV) yang juga dipakai untuk merakit Fortuner dan Hilux.

Ketika ditanya, kapan tepatnya Kijang Innova baru akan diluncurkan di Indonesia? Made memilih untuk tidak berkomentar. "Soal itu, tunggu saja karena harus kordinasi dengan TAM (PT Toyota Astra Motor) selaku distributor," tutup Made.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X