Kecelakaan pada Hari Kemerdekaan AS Paling Banyak Merenggut Nyawa

Kompas.com - 03/07/2014, 14:13 WIB
Kecelakaan di hari kemerdekaan AS paling banyak merenggut  nyawa.
pulversthompsonKecelakaan di hari kemerdekaan AS paling banyak merenggut nyawa.
|
EditorAris F. Harvenda
Northbrook, KompasOtomotif – Ternyata setiap tanggal 4 Juli, warga Amerika Serikat (AS) tidak hanya merayakan hari kemerdekaan. Menurut Insurance Institute for Highway Safety(IIHS), di momen yang sama saat jalanan tumpah ruah dengan pesta keluarga dan keceriaan, justru dinobatkan menjadi hari paling “mematikan”.

Analisa diambil dari data kecelakaan milik Pemerintah AS. Total 630 nyawa melayang pada  “Independence Day” 2008 hingga 2012, bila di rata-rata terdapat 127 kematian setiap tahun. IIHS menyatakan, 4 Juli lebih banyak menelan korban jiwa akibat kecelakaan berkendara dibanding hari apapun sepanjang tahun.

“Hari libur tanggal 4 Juli membuat banyak pengemudi turun ke jalan, menambah potensi kecelakaan serius. Selain itu masih ada risiko lainnya. Merayakan dengan barberkyu dan kembang api, sering kali melibatkan minuman beralkohol. Kematian pada 4 Juli yang melibatkan alkohol lebih tinggi dari musim panas,” ucap juru bicara IIHS kepada Autoguide, Rabu (2/7/2014).

Di AS, kecelakaan mobil adalah pembunuh nomor satu buat semua orang berumur 1-34. Remaja paling rentan, berpotensi empat kali lipat dibanding kelompok lain. Himbauan aman berkendara gencar digaungkan.

Beberapa cara sederhana untuk menghindari kemungkinan terburuk, di antaranya, imbauan jangan mengemudi dalam pengaruh alkohol, gunakan transportasi publik, bila tidak memungkinkan mengemudi beristirahatlah, dan jangan pernah kehilangan fokus mengemudi karena gadget.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.