Kompetisi Merek Otomotif sampai Pembangunan Dealer

Kompas.com - 27/06/2014, 14:00 WIB
Dealer Honda Megatama Kapuk. KompasOtomotifDealer Honda Megatama Kapuk.
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Bagi konsumen, dealer menjadi salah satu unsur penting buat semua produsen kendaraan. Rumah buat wiraniaga sebagai pasukan garda depan dalam menjangkau konsumen ini, ternyata juga punya peta persaingan sendiri.

"Saya pernah menyaksikan satu merek, meresmikan empat dealer dalam satu hari. Kompetisi semakin ketat, bahkan tiang pancang pun rebutan. Kualitas harus dimulai dari pertama, mempunyai konsep yang kuat," ujar Hendra Aristyo, Direktur Honda Megatama Kapuk, saat pembukaan dealer, Jumat (27/6/2014).

Hampir semua pabrikan berlomba-lomba melakukan ekspansi jangkauan pemasaran. Menurut Hendra alasan utamanya perekonomian Indonesia sedang bertumbuh segar. Tapi yang ditekankan apakah setiap outlet yang berdiri berkualitas baik.

"Membangun dealer sebenarnya tidak sulit, siapapun yang punya duit dan lahan bisa melakukannya. Ditambah lagi, teknik pembangunan semakin canggih jadi bisa berdiri lebih cepat," ujar Hendra.

Ketiga
Honda Megatama Grup baru saja meresmikan dealer ketiga, Honda Megatama Kapuk, untuk menjangkau wilayah Jakarta Utara. Investasi Rp 50 miliar digelontorkan untuk membebaskan lahan 4,920 m2 dan membangun fasilitas 3S (Sales, Spare part, dan Service).

Desain eksterior dan interior serta layanan, dealer ke-96 milik HPM ini memiliki unsur kesenangan dan ramah lingkungan, sama seperti konsep global Honda. "Keduanya kami kombinasikan, kami sebut joy for everyone," tambah Hendra.

Wajah depan, terutama ruang masuk mengadopsi logo "H" milik honda, tingkat kemiringan menjadi inspirasi. Mengingat lokasi yang strategis, terdapat panggung untuk memajang mobil menghadap ke arah jalan, fungsinya mengambil atensi masyarakat sekitar. Sementara untuk lingkungan, penataan menggunakan 95 persen cahaya alami. Pengolahan air hujan menjadi air bersih, serta ada taman terbuka sampai ke lantai dua.

Permintaan konsumen
“Pembukaan Honda Megatama Kapuk merupakan upaya kami untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat terhadap produk dan layanan Honda. Dengan mulai masuknya Honda ke pangsa pasar yang lebih massal, ditandai dengan produk-produk baru yang semakin terjangkau. Kami juga ingin memastikan setiap pelanggan mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan standar kualitas Honda," ujar Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor, dalam kata sambutannya saat pembukaan.

Untuk layanan purna jual, Honda Megatama Kapuk memiliki fasilitas servis dengan area seluas 1266 m2 dilengkapi dengan total bay kerja (General Repair 13, perawatan berkala 4, Quick Service 2, Final Inspection 1, dan Wheel Alignment 1) sebanyak 21 Bay. Selain itu, terdapat area parts warehouse seluas 120m2 yang menjamin ketersediaan suku cadang Honda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X