Strategi Suzuki Bertahan di Segmen Sepeda Motor Sport Indonesia

Kompas.com - 25/06/2014, 13:43 WIB
Suzuki bertahan dari gempuran merek lain, siapkan sport baru untuk menyerang balik. KompasOtomotif-Donny AprilianandaSuzuki bertahan dari gempuran merek lain, siapkan sport baru untuk menyerang balik.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Diskon besar untuk Inazuma sebagai salah satu sepeda motor sport Suzuki yang masih bertahan selain Thunder 125, diibaratkan dalam sepakbola adalah langkah defensif dengan pertahanan ganda. Serangan merek lain yang agresif mau tak mau membuat PT Suzuki Indomobil Sales 2 Wheels (SIS 2W), menambah nilai untuk produk melalui potongan harga cukup besar.

Seperti yang diulas KompasOtomotif, Inazuma yang berada di segmen sport 250cc harganya dipangkas sampai Rp 10 juta dalam gelaran Jakarta Fair di Kemayoran, Jakarta Pusat. Banderol Inazuma yang semula Rp 47,5 juta, saat ini bisa ditebus cuma Rp 37,5 juta, menandakan SIS tak mampu lagi menyerang dengan skema awal.

Meski terindikasi defensif dan terpaksa ”main harga”, Yohan Yahya, Marketing and Business Development Head SIS 2W kepada KompasOtomotif mengatakan, langkah diskon besar bukan karena menghabiskan stok, tetapi bisa terjadi pada saat tertentu dan hanya merupakan program biasa dalam penjualan.

”Contohnya, tetangga juga ada diskon besar kan sampai Rp 6 juta? Inazuma belum berakhir karena baru rilis, dan pasar sport masih sangat menjanjikan. Tentunya kami akan pertahankan,” ujar Yohan.

Serangan balik
Sadar sedang bertahan dan terus ditekan, SIS menyiapkan sejumlah serangan balik. Yohan mengatakan pihaknya bakal menambah produk di segmen sport, meski tak mau menyebut model dan varian. Tapi dalam beberapa kesempatan, SIS sudah mengindikasikan bakal muncul dengan sport 150cc ber-fairing hasil R&D lokal.

Kabarnya, mesin akan menggunakan milik Satria FU yang saat ini menjadi "gelandang jangkar" satu-satunya yang masih belum kehabisan napas. Soal penyerang di barisan 250cc, belum ada gambaran.

”Buat kami saat ini semua varian menjadi sangat penting agar bisa mendapatkan kembali market. Yang pasti kami akan segera masuk ke pasar yang penuh tantangan itu (sport). Tunggu saatnya ya,” kata Yohan menutup pembicaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.