Honda Mobilio RS Masih Didominasi Produk Lokal

Kompas.com - 21/06/2014, 15:04 WIB
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Mobilio merupakan MPV 7 penumpang yang diciptakan khusus Honda untuk konsumen di Indonesia. Maka tak heran jika debut pertama digelar di Tanah Air, begitu pula dengan proses produksi dan pemasaran. Dominasi produk lokal yang terdapat pada Mobilio pun mencapai 86 persen.

Meneruskan tradisi positif tersebut, Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan varian terbaru sekaligus tertinggi, yakni Mobilio RS. Penambahan komponen dan aksesori yang dipasang masih didominasi oleh produk lokal. Namun untuk desain tetap dibuat dan melalui riset dari prinsipal di Jepang.

"Desain Mobilio RS dikeluarkan oleh prinsipal dan telah memalui riset serta survei konsumen. Untuk komponen dan aksesori, ada beberapa yang kita buat (Honda), dan juga displai oleh vendor. Secara total komponen dari vendor masih mendominasi. Persentase atau jumlahnya saya kurang ingat," jelas Atsushi Arisaka, LPL of Honda & Chief Engineer, Honda R&D Asia Pacific Co Ltd, dalam wawancara khusus, di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Secara kualitas, apa yang diproduksi vendor di Indonesia menurut Arisaka sudah memenuhi syarat. Tak kalah penting, lanjut Arisaka, dengan makin banyaknya produk lokal yang digunakan, tentu akan memengaruhi harga jual produk menjadi lebih terjangkau. "Itu (harga terjangkau) adalah keinginan konsumen," tegas Arisaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.