GM Pecat Tiga "Top" Eksekutif karena Lalai

Kompas.com - 09/06/2014, 19:25 WIB
Mary Barra masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia menurut majalan Time. http://blog.caranddriver.comMary Barra masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia menurut majalan Time.
|
EditorAris F. Harvenda
Detroit, KompasOtomotif - General Motors (GM) mengambil langkah tegas setelah pengalaman pahit yang dialaminya, terkait kampanye perbaikan massal (recall), jutaan unit mobil di Amerika Serikat. Chief Executive Officer GM, Mary Barra, memerintahkan penyelidikan langsung menyangkut masalah ini.

Februari lalu, GM mengumumkan recall terhadap 2,6 juta unit kendaraan karena masalah saklar pengapian. Kasus ini mengakibatkan 47 kecelakaan dan merenggut 13 nyawa. Maret lalu, Barra, mengumumkan langkah investigasi akan dilakukan netral dengan menunjuk Jenner & Block, di bawah pimpinan langsung Anton Valukas, selaku presdir lembaga konsultan itu.

Kini setelah penyelidikan dilakukan, sumber internal menyatakan, kalau produsen mobil terbesar asal Amerika Serikat itu baru saja memecat 15 pegawai yang telibat langsung terkait masalah tersebut. Dari belasan orang itu, termasuk di antaranya, seorang wakil presiden dan dua direktur.

Ketiga level eksekutif yang dipecat, adalah Michael Robinson, Wakil Presiden GM Bidang Lingkungan, Keberlanjutan, dan Hubungan Regulator. Selanjutnya, Direktur Jenderal Keamanan dan Nilai Kendaraan, Gay Kent, dan Direktur Investigasi Produk dan Regulasi Keamanan, M Carmen Benavides.

GM tidak mau merinci siapa-siapa saja yang masuk dalam daftar orang yang dianggap bertanggung jawab atas masalah ini. Tapi, Barra hanya menyebutkan salah satunya, Ray DeGiorgio, insinyur yang mendesain saklar pengapian itu dan Gary Altman, Kepala Rancang Bangun Chevrolet Cobalt, dan Saturn Ion, yang masuk dalam daftar pemecatan. Kedua model itu berkontribusi paling banyak dalam kendaraan yang wajib diperbaiki.



Sumber Reuters
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X