Kompas.com - 09/06/2014, 10:36 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Montreal, KompasOtomotif - Tim Mercedes Formula One kali ini harus merelakan podium pertama kepada Red Bull Renault, setelah Nico Rosberg finis di belakang Daniel Ricciardo. Kubu Mercedes mengklaim, ada masalah pada Motor Generator Unit-Kinetic (MGU-K) di dua mobilnya.

GP Kanada yang berlangsung Senin (9/6/2014) dini hari WIB, berlangsung menarik. Dua mobil Mercedes yang dikendarai Lewis Hamilton dan Rosberg, mengalami masalah panas yang berlebih di komponen MGU-K. Parahnya, Hamilton sampai harus gagal finish karena masalah ini, beruntung Rosberg masih mampu mengamankan posisi dua.

Masalah sudah terjadi pada pit-stop kedua, dimana Hamilton sempat melewati Rosberg. Tim mekanis menemukan suhu yang terlalu panas pada MGU-K, karena aliran udara pendingin tidak bekerja, Hamilton pun harus mengakhiri balapan lebih cepat. Sedangkan Rosberg masih mampu menyelesaikan lap yang tersisa, tanpa memanfaatkan daya elektrik yang berasal dari energi sisa pengereman, akibat rusaknya MGU-K tersebut.

Melebihi batas
“Sistem kontrol pada ERS (Energy Recovery Systems) tidak bekerja. Pada bagian MGU-K, suhu sudah melebihi batas, dan kami tidak menyadari bahwa itu memberikan efek yang merugikan. MGU-K tidak bisa digunakan, dan tim teknis juga tidak bisa mengeset ulang," jelas bos Mercedes F1, Toto Wolff, seperti dikutip AdamCooperF1, Senin (6/9/2014).

Wolff memuji habis penampilan Rosberg yang menyelesaikan balapan meski mobil mengalami masalah. Menurutnya, Rosberg sudah memaksakan kondisi mobil buat mendapatkan hasil yang maksimal.

"Tim mengatakan kepada Lewis dan Nico, untuk menggunakan rem dengan baik, karena sudah kehilangan motor listrik. Rem bisa terlalu panas, dan keseimbangan sistem res harus diubah. Mobil Lewis tidak bisa melanjutkan balapan, beruntung Nico bisa mengatasinya," tutup Wolff.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber F1


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.