GM Kembangkan Sabuk Pengaman ”Bawel”

Kompas.com - 21/05/2014, 12:47 WIB
GM kembangkan Belt Assurance System yang akan mengunci transmisi sebelum penumpang depan memasangnya. LeftlanenewsGM kembangkan Belt Assurance System yang akan mengunci transmisi sebelum penumpang depan memasangnya.
|
EditorAris F. Harvenda

Detroit, KompasOtomotif – General Motors (GM) saat ini sedang mengembangkan sistem keamanan yang mencegah mobil berjalan, jika penumpang belum memasang sabuk pengaman. Mereka menamakan Belt Assurance System, yang akan ”bawel” memperingatkan penumpang untuk memasang sabuk pengaman sebelum melakukan perjalanan.

Detail sistem pengaman ini diumumkan dalam kampanye keselamatan berkendara ”Click It or Ticket” yang dilakukan mingu ini di Amerika Serikat. Sistem dalam mobil akan terus membuat transmisi otomatis tak bergerak, atau mengunci di posisi ”P”, jika penumpang depan tak memasang sabuk pengaman.

”Keamanan penumpang adalah muara dari apa yang kami lakukan. Sistem keamanan ini sangat penting untuk menciptakan kebiasaan setiap kali mereka masuk ke mobil dan memulai perjalanan,” ujar GM Safety Head Jeff Boyer.

Pengumuman kampanye ini adalah elemen lain fokus GM untuk keselamatan berkendara, setelah perusahaan digempur isu miring recall, yang menimpa ribuan mobil karena terbakarnya switch kontak, dan menyebabkan pengguna mengalami celaka.

Belt Assurance System akan tersedia tahun ini juga untuk beberapa model sebagai opsi tambahan, atau unit yang terjual secara fleet. Belum jelas, apakah sistem keamanan ini dipakai sebagai teknologi standar untuk mobil-mobil masa depan GM.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X