Kompas.com - 20/05/2014, 15:00 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — Ada anggapan bahwa mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraan sebaiknya pada malam atau dini hari, saat suhu udara dalam keadaan dingin. Saat suhu dingin, partikel BBM lebih padat dibanding saat panas. Ini dianggap berpengaruh pada volume BBM dan tingkat penguapan saat pengisian bahan bakar.

Menanggapai hal ini, Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menjelaskan, secara teori, temperatur akan berpengaruh pada berat jenis semua zat, termasuk BBM. Namun, untuk perubahan suhu siang dan malam di Indonesia yang tidak terlalu berarti, maka pengaruh pada volume bensin sangat kecil sekali.

“Perubahan temperatur akan mengubah berat jenis (densitas) BBM. Namun, berat jenis ini akan kembali pada saat temperatur kembali seperti semula. Pengisian BBM pada pagi hari ataupun siang hari tidak mempengaruhi volume BBM yang dikeluarkan secara signifikan,” urai Ali Mundakir kepada KompasOtomotif, Senin (20/5/2014).

Tangki kosong
Ia melanjutkan, bahan bakar memiliki sifat menguap lebih cepat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk isi bahan bakar tanpa menunggu tangki kendaraan dalam keadaan kosong. Yang terpenting, menurut Ali, bukan menentukan waktu (siang/malam) untuk mengisi bensin, melainkan kondisi yang tepat (tangki kosong/isi) untuk mengisi bensin.

“Semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit ruang kosong untuk penguapan BBM, dan penguapan dapat dikurangi. Dianjurkan selalu mengisi tangki kendaraan dan jangan tunda sampai hampir habis,” tutup Ali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X