Ini Fitur Keamanan Sepeda Motor yang Penting untuk Harian

Kompas.com - 19/05/2014, 18:56 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Tak banyak fitur keamanan yang bisa disediakan produsen untuk sepeda motor skutik. Dengan harga terjangkau dan kapasitas mesin yang tak besar, tak mungkin Anda mengharapkan peranti ABS untuk menjaga ban tetap terkendali, atau mungkin kontrol traksi. Paling mentok fitur keselamatan sederhana tetapi berguna untuk penggunaan sehari-hari.

Lahirlah beberapa fitur yang sangat membantu, terutama untuk para pengguna skutik. Konon, pengguna sepeda motor jenis ini tak hanya dipakai pria, tapi juga sangat banyak wanita. Fitur-fitur mempermudah pemakaian sekaligus meningkatkan keamanan pun mulai disematkan.

Lantas seperti apa fiturnya ? Berikut detailnya:

1. Stand Switch. Ini semacam pengaman pada standar samping. Banyak pengendara yang lupa menaikkan kembali standar samping ketika mulai melaju dari parkir. Ini cukup berbahaya, terutama jika sedang berbelok ke kiri. Standar yang belum ”dilipat” akan menyentuh tanah dan membalikkan arah kemiringan. Potensi celaka cukup besar.

Dengan adanya fitur ini, standar samping bisa menjadi switch on-off yang akan terhubung dengan kunci kontak dan kelistrikan. Ketika standar belum dikembalikan ke posisi tidak digunakan, sepeda motor tidak akan bisa dinyalakan.

2. Key Shutter. Fitur ini sudah lama digunakan pada sepeda motor sebagai pengaman kunci kontak. Terdapat semacam penutup yang terbuat dari bahan khusus. Untuk membukanya juga harus menggunakan pola khusus yang biasa diletakan di gagang kunci sebagai pemutar.

Memang, apa pun fitur keamanannya, bahkan kelas canggih dengan sistem komputer pun, masih bisa dibobol maling. Namun, paling tidak, dengan tambahan pengaman, maling lebih sulit membobol kunci setang sepeda motor.

3. Smart Lock. Biasanya fitur ini tertanam pada skutik. Namun tidak salah jika diterapkan juga pada sepeda motor jenis lain. Dengan mengaktifkan fitur ini, rem akan otomatis mengunci sebagai pengaman.

Fungsinya bermacam-macam, untuk menahan sepeda motor menggelinding ketika berhenti di persimpangan karena lampu merah, atau bisa juga digunakan untuk mengunci ketika parkir dalam keadaan jalan menanjak atau menurun.

Hal itu pula yang membuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya menerapkan ketiga fitur tersebut pada beberapa skutiknya. Paling baru, disematkan untuk mendongkrak nilai Fino FI yang baru saja meluncur awal 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.