Lusa, Nissan Luncurkan "Hatchback" Baru

Kompas.com - 18/05/2014, 12:13 WIB
Konsep Nissan Invitation menjadi cikal bakal sosok Pulsar. efficientautomobile.comKonsep Nissan Invitation menjadi cikal bakal sosok Pulsar.
|
EditorAris F. Harvenda
London, KompasOtomotif - Nissan memastikan segera melepas model terbaru di segmen hatchback, bersaing di segmen yang sama dengan Volkswagen Golf dan Ford Focus. Di Eropa, model ini disebut Pulsar.

Diklaim, hatchback lima pintu tersebut punya interior yang lapang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Eropa. Rekayasa produk dilakukan di Pusat Teknik Nissan di Bedfordshire, Inggris. Sedangkan, penjualan model terbaru mulai dilakukan musim semi 2014, dengan basis produksi di Barcelona, Spanyol berkapasitas 80.000 unit per tahun.

Produk ini akan menjadi tanda kembalinya Nissan di segmen hatchback, setelah sebelumnya menghentikan pemasaran Almera pada 2006. Strategi melepas model baru di segmen utama menjadi ambisi Nissan menjadi merek Asia terlaris di Eropa, menggeser Toyota pada 2016.

Andy Palmer, Wakil Presiden Eksekutif Nissan di Genewa Auto Show, Maret lalu mengatakan, perusahaan telah menyiapkan hal lebih besar ketimbang Almera. "Nissan sudah masuk ke segmen itu dalam waktu yang lama tapi tidak berhasil berpijak kokoh. Apa yang sudah diubah adalah kami berhasil menciptakan Qashqai dan berhasil membentuk ulang peta persaingan," jelas Andy, dilansir Autonews Europe (17/5/2014).

Nissan punya tugas yang berat untuk mengembalikan lagi posisinya di segmen kompak. Apalagi kondisi pasar terutama segmen kendaraan kompak sudah berubah signifikan dalam beberapa tahun terakhir di Eropa. Ian Fletcher, analis dari IHS Automotive mengatakan, Permintaan pelanggan atas keandalan dan kualitas pada masa lalu bisa berujung pada harga mobil yang lebih mahal."

Pulsar
Nissan memperkenalkan Puslar sejak 1978 dan dipasarkan di seluruh Asia dan Australia. Nama ini juga sempat dipasarkan ke beberapa negara Eropa pada awal 1990an menggunakan model N14. Meski sudah tidak dipasarkan lagi di Eropa, nama Almera masih digunakan Nissan di Rusia.

Pulsar diciptakan menggunakan platorm baru hasil kreasi Renault-Nissan, yakni Common Module Family (CMF). Platform sama yang digunakan untuk merakit Qashqai dan X-Trail. Perkenalan model terbaru Pulsar sudah ditandai dengan dilepasnya foto penggoda. Gambar hitam dengan siluet kebiruan terpancar dari wajah tiga model terbaru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pulsar akan ditawarkan dalam beberapa varian, mulai dari BlueMotion sampai GTI. Beberapa kelengkapan yang ditawarkan, meliputi parkir otomatis, sun-roof panoramic, sistem navigasi satelit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Desain terinsiprasi dari konsep Invitation dengan wajah yang mirip seperti Qashqai atau X-Trail sesuai dengan image merek terbaru. Pulsar akan diperkenalkan resmi, lusa (20/5/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.