Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Muka Baru Suzuki Grand Vitara

Kompas.com - 16/05/2014, 17:38 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Setelah menelurkan SX-4 S-Cross, Suzuki dikabarkan tengah bersiap dengan model penyegaran lainnya. Info terbaru datang dari Jerman, ketika didapati sosok SUV yang tengah diuji di jalanan sekitar Munich. Diduga kuat, mobil tersebut adalah wajah baru Grand Vitara yang memang sudah cukup lama tak mengalami perubahan.

Dilansir autoevolution dan worldcarfans, (15/5/2014), sosok SUV itu masih terbalut dengan penutup warna hitam untuk kamuflase. Dari bentuk gril dan lampu utama, dugaan mengarah ke Grand Vitara baru, terlebih Suzuki sudah menampilkan konsep iV-4 dalam Frankfurt Motor Show 2013 lalu.

motorbash.com Konsep Suzuki iV-4 yang muncul di Frankfurt Motor Show 2013 lalu. Inspirasi Grand Vitara?

Sebenarnya, konsep iV-4 lebih mengarah ke SUV kompak yang saat ini sedang tren. Sementara Grand Vitara, tak lebih sebagai SUV segmen C yang akan bersaing dengan Honda CR-V, Toyota RAV-4, atau Mitsubishi Outlander Sport.

Tapi jika dibandingkan, bentuk lampu dan gril tak beda jauh dengan iV-4. Bahkan garis bodi juga mirip-mirip, kecuali bentuk bemper dan lampu kabut yang tampak sedikit beda, tampak dari garis yang muncul di balik kamuflase.

Bisa jadi, Grand Vitara akan mendapat pengaruh dominan dari iV-4, meski secara dimensi akan lebih besar. Kemungkinan dimensi tak akan jauh beda dengan generasi sekarang. Panjangnya diperkirakan 4,5 meter dan tinggi 1,7 meter. Bobot seharusnya berkurang hingga 100 kg seperti yang telah diumumkan ketika konsep iV-4 muncul.

Soal mesin masih banyak prediksi. Kemungkinan Suzuki tak akan lagi menggunakan mesin 2.400cc bensin untuk Grand Vitara baru. Lebih masuk akal jika mesin baru yang lebih bertenaga dan irit ditanam. Misalnya menggunakan sistem hibrida atau menginstal peranti turbo dengan kubikasi lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com