Kompas.com - 16/05/2014, 17:38 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Munich, KompasOtomotif – Setelah menelurkan SX-4 S-Cross, Suzuki dikabarkan tengah bersiap dengan model penyegaran lainnya. Info terbaru datang dari Jerman, ketika didapati sosok SUV yang tengah diuji di jalanan sekitar Munich. Diduga kuat, mobil tersebut adalah wajah baru Grand Vitara yang memang sudah cukup lama tak mengalami perubahan.

Dilansir autoevolution dan worldcarfans, (15/5/2014), sosok SUV itu masih terbalut dengan penutup warna hitam untuk kamuflase. Dari bentuk gril dan lampu utama, dugaan mengarah ke Grand Vitara baru, terlebih Suzuki sudah menampilkan konsep iV-4 dalam Frankfurt Motor Show 2013 lalu.

motorbash.com Konsep Suzuki iV-4 yang muncul di Frankfurt Motor Show 2013 lalu. Inspirasi Grand Vitara?

Sebenarnya, konsep iV-4 lebih mengarah ke SUV kompak yang saat ini sedang tren. Sementara Grand Vitara, tak lebih sebagai SUV segmen C yang akan bersaing dengan Honda CR-V, Toyota RAV-4, atau Mitsubishi Outlander Sport.

Tapi jika dibandingkan, bentuk lampu dan gril tak beda jauh dengan iV-4. Bahkan garis bodi juga mirip-mirip, kecuali bentuk bemper dan lampu kabut yang tampak sedikit beda, tampak dari garis yang muncul di balik kamuflase.

Bisa jadi, Grand Vitara akan mendapat pengaruh dominan dari iV-4, meski secara dimensi akan lebih besar. Kemungkinan dimensi tak akan jauh beda dengan generasi sekarang. Panjangnya diperkirakan 4,5 meter dan tinggi 1,7 meter. Bobot seharusnya berkurang hingga 100 kg seperti yang telah diumumkan ketika konsep iV-4 muncul.

Soal mesin masih banyak prediksi. Kemungkinan Suzuki tak akan lagi menggunakan mesin 2.400cc bensin untuk Grand Vitara baru. Lebih masuk akal jika mesin baru yang lebih bertenaga dan irit ditanam. Misalnya menggunakan sistem hibrida atau menginstal peranti turbo dengan kubikasi lebih kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.