Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Siapkan SUV Tiga Baris Terbaru untuk AS

Kompas.com - 14/05/2014, 09:29 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Hanover, KompasOtomotif - Volkswagen AG berambisi untuk melipatgandakan upaya guna mendorong penjualan di Amerika Serikat dan Brasil. Hal tersebut menjadi bagian penting dari upaya mengejar dan menggeser Toyota, sebagai produsen mobil terbesar di dunia, mulai 2018.

Merek terbesar Eropa ini mengaku sudah membangun pondasi di Amerika Utara dan Selatan dengan keputusan menyiapkan SUV menengah baru untuk AS. Selain itu membangun pabrik Audi di Meksiko dan mengubah strategi model-model yang dipasarkan di Brasil.

"Amerika merupakan bagian penting dari strategi 2018. Kami mau terus dan harus tetap tumbuh dengan stabil dan tetap untung," jelas CEO VW, Martin Winterkorn, dilansir Bloomberg (13/5/2014).

Mendorong
Para manajer VW di AS mendorong prinsipal untuk menambah lini produksi di pabrik Chattanooga, dengan merakit SUV tiga baris model baru. Model ini diharapkan bisa mulai di jual 2016 mendatang. Keputusan prinsipal diharapkan akan diumumkan tahun ini dan model baru itu akan dirakit di Meksiko.

VW, yang berhasil menggeser General Motors Company sebagai merek terbesar kedua di dunia, pada tahun lalu, mengatakan, tahun ini (2014) penjualannya akan menembus 10 juta unit untuk pertama kalinya. Rencana melapas 100 model baru atau facelift menjadi bagian dari strategi perusahaan menggeser Toyota dari puncak pada 2018.

Dalam empat bulan pertama tahun ini, penjualan VW naik 6 persen menjadi 3,2 juta unit, rekor baru. Pertumbuhan ini ditopang oleh ekspansi di China sebagai kompensasi dari performa perusahaan yang stagnan di AS. Penjualan di AS turun 10 persen periode Januari-April 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com