Volkswagen Rancang Transmisi 10-percepatan

Kompas.com - 13/05/2014, 16:11 WIB
Logo Volkswagen AutoevolutionLogo Volkswagen
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Kepala pengembangan grup Volkswagen, Heinz-Jakob Neusser, mengungkapkan rencana raksasa otomotif asal Jerman itu, untuk meluncurkan transmisi otomatis kopling ganda (dual-clutch automatic transmission) terbaru, dengan 10 tingkat percepatan.

Sebelumnya hal ini pernah diungkapkan, pada Mei 2013 di ajang pertemuan insinyur mesin tradisional, di Hofburg Center, Vienna, Austria. Namun pekan lalu di tempat yang sama, Neusser mengungkapkan detail lain, transmisi 10-percepatan dikembangkan khusus buat platform MQB (Modularer Querbaukasten) yang diplot menjadi landasan buat banyak model milik Volkswagen. Di antaranya VW Golf Mk 7, New VW Passat, New Audi A3, dan beberapa model SUV 7-penumpang yang segera diluncurkan.

Dijelaskan, transmisi ini bisa digunakan buat mobil gerak roda depan ataupun belakang. Kehebatannya, memiliki kapasitas torsi hingga 500 Nm dan bisa dipasangkan dengan mesin 4, 5, hingga 6-silinder. Inovasi ini dianggap sebagai kunci pengembangan VW untuk menciptakan kendaraan yang memenuhi regulasi ketat soal efisiensi bahan bakar.

VW mengklaim, di model-model terbaru dengan transmisi 10-percepatan, penggunaan konsumsi bahan bakar bisa ditekan hingga 15 persen. Semua transmisi lama, 6-percepatan, akan diganti dengan teknologi baru. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.