Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Rancang Transmisi 10-percepatan

Kompas.com - 13/05/2014, 16:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kepala pengembangan grup Volkswagen, Heinz-Jakob Neusser, mengungkapkan rencana raksasa otomotif asal Jerman itu, untuk meluncurkan transmisi otomatis kopling ganda (dual-clutch automatic transmission) terbaru, dengan 10 tingkat percepatan.

Sebelumnya hal ini pernah diungkapkan, pada Mei 2013 di ajang pertemuan insinyur mesin tradisional, di Hofburg Center, Vienna, Austria. Namun pekan lalu di tempat yang sama, Neusser mengungkapkan detail lain, transmisi 10-percepatan dikembangkan khusus buat platform MQB (Modularer Querbaukasten) yang diplot menjadi landasan buat banyak model milik Volkswagen. Di antaranya VW Golf Mk 7, New VW Passat, New Audi A3, dan beberapa model SUV 7-penumpang yang segera diluncurkan.

Dijelaskan, transmisi ini bisa digunakan buat mobil gerak roda depan ataupun belakang. Kehebatannya, memiliki kapasitas torsi hingga 500 Nm dan bisa dipasangkan dengan mesin 4, 5, hingga 6-silinder. Inovasi ini dianggap sebagai kunci pengembangan VW untuk menciptakan kendaraan yang memenuhi regulasi ketat soal efisiensi bahan bakar.

VW mengklaim, di model-model terbaru dengan transmisi 10-percepatan, penggunaan konsumsi bahan bakar bisa ditekan hingga 15 persen. Semua transmisi lama, 6-percepatan, akan diganti dengan teknologi baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com