Jeep Berambisi Tumbuh Dua Kali Lipat pada 2018

Kompas.com - 06/05/2014, 08:00 WIB
SUV segmen B ini bakal jadi andalan baru Chrysler di Indonesia mulai tahun depan. Jeep/NetcarshowSUV segmen B ini bakal jadi andalan baru Chrysler di Indonesia mulai tahun depan.
|
EditorAris F. Harvenda
Turin, KompasOtomotif - Jeep berambisi menaikkan penjualannya dua kali lipat pada 2018. Target ini akan dicapai dengan mengandalkan pasar baru di Amerika Selatan dan China, sesuai rencana pengembangan lima tahun perusahaan.

Menurut sumber internal perusahaan, dilansir Automotive News (5/5/2014), rencana ini baru mau diumumkan Sergio Marchionne, bos Fiat Chrysler Automotive (FCA), perusahaan didampingi jajaran ekskutif di Auburn Hills, Michigan, AS, Selasa (6/5/2014).

Prinsipal mengejar target penjualan 1,5 juta unit pada 2018. Tahun lalu saja, total penjualan Jeep di pasar global tercatat 731.565 unit, melesat 36 persen dari 2012.

Model baru
FCA berencana mulai memproduksi model terbaru, Renegade, Juni mendatang. Model ini akan menjadi produk terbawah (entry level) dikembangkan dari platform Fiat di pabrik Melfi, Italia. Pabrik ini akan memproduksi 150.000 unit per tahun dan memasok seluruh kebutuhan pasar global.

Akhir tahun, FCA akan menambah basis produksi Renegede di pabrik Pernambuco, Brasil, untuk memasok pasar Amerika Selatan. Selanjutnya, di China perusahaan juga berencana produksi mulai akhir 2015, setelah akhirnya mencapai kesepakatan dengan mitra lokal, Guangzhou Automobile Group.

Sumber dari Italia mengatakan kalau Renegade akan menjadi model pertama yang dirakit di pabrik Guangzhou. Tetapi, sumber lain mengabarkan kalau Cherokee jadi kandidat terkuat. "Cherokee merupakan pilihan yang jelas untuk dilokalisasi di pabrik Changsha," jelas Mike Manley, Kepala Merek Jeep, kepada Automotive News Europe di Genewa, Maret lalu. Ia berharap bisa mendapat izin dari pemerintah China untuk merealisasikan produksi Cherokee mulai akhir tahun ini.

Langkah selanjutnya, FCA berencana menambah model lain untuk dilokalisasi bersama mitra Guangzhou. Model ini kabarnya merupakan generasi penerus dari Compass dan Patriot. Tahun lalu, Jeep berhasil menjual 60.000 unit di China, lebih besar dari Kanada yang cuma 44.700 unit. Tapi, pasar terbesar Jeep masih ditopang AS dengan sumbangan 490.500 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.