Moge BMW Jadi Favorit Polisi dan Lembaga Pemerintahan

Kompas.com - 05/05/2014, 11:03 WIB
Polisi Michigan, AS, baru saja membeli ratusan unit BMW untuk kendaraan dinas. bmwmcmagPolisi Michigan, AS, baru saja membeli ratusan unit BMW untuk kendaraan dinas.
|
EditorAris F. Harvenda

Berlin, KompasOtomotif – Berita bagus untuk divisi sepeda motor BMW, bahwa semakin banyak kesatuan penegak hukum dan lembaga pemerintahan memercayakan kendaraan dinas roda dua pada model-model moge yang diproduksinya. Dilansir bmwmcmag.com, tak hanya tangguh dipakai touring atau berpetualang, daya tarik dan performa sepeda motor merek Jerman ini dirasa cocok untuk bertugas.

Di Amerika Serikat misalnya, banyak kesatuan yang tak hanya menumpuk Harley-Davidson sebagai tunggangan wajib untuk bertugas, tetapi juga beberapa model BMW. Alasannya, mempunyai performa di jalan yang lebih lincah dengan teknologi modern, dan yang terpenting, mudah di-upgrade dengan spek yang dibutuhkan polisi.

bmwmcmag BMW R1200RT-P, salah satu produksi khusus untuk polisi.

Setidaknya ada empat model yang disiapkan dari pabrik di Berlin, Jerman, untuk para penegak hukum dan lembaga lain. Seperti R1200RT, F800GT, F800GS, dan F650GS. Keempatnya memberikan pilihan berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lembaga. BMW menyebutnya sebagai ”Authority Motorcycles”.

Seperti yang sudah dijelaskan, tidak cuma untuk kendaraan kepolisian, tetapi juga bisa dipakai untuk kendaraan dinas lain. Misalnya, kendaraan reaksi cepat pada rumah sakit, pengawalan presiden, kegiatan pengawalan olahraga balap, hingga kendaraan patroli untuk berbagai area seperti hutan belantara. Kemampuan off-road beberapa model sudah cukup mendapat pengakuan.

bmwmcmag BMW F800GT juga menjadi salah satu varian yang difavoritkan sebagai kendaraan dinas.

Identitas khusus
Saat ini, beberapa kesatuan memesan R1200RT dalam jumlah cukup banyak. Di antaranya Michigan State Police, Vacaville PD di California, Austin PD di Texas dan masih banyak lagi. Saking banyaknya pemesan, BMW berencana menambah identitas ”P” yang berarti spek Polisi pada katalog. Misalnya, R1200RT-P atau F800GS-P agar lebih mudah dibedakan dengan versi sipil.

Meski beda, sebenarnya secara teknis antara sepeda motor yang dibeli lembaga dan perorangan sama persis. Mesin dan transmisi sama, termasuk peranti keamanan dan kecanggihan di dalamnya. Yang membedakan adalah jalur produksi yang ternyata sudah disiapkan khusus berkat penambahan aksesori yang berbeda.

Peranti yang membedakan adalah penambahan sirine, lampu LED, peranti radio, pengait kabel-kabel khusus, jok tunggal dengan peranti komunikasi, dan lainnya. Setiap sepeda motor dilengkapi dengan ban sesuai pesanan.

Proses lama
Tidak ada minimal order jika ada yang berminat. Hanya, prosesnya butuh waktu cukup lama, kira-kira 3-4 bulan untuk dikirimkan dengan tujuan ke seluruh penjuru dunia. Spanyol adalah salah satu negara yang akan menikmati versi baru R1200RT-P.

”Sejak 1970, BMW Motorrad menyuplai lebih dari 130.000 unit Authority Motorcycles di seluruh dunia. Ketangguhan, kenyamanan, keamanan, sudah terbukti. Ketahanan dipakai setiap hari selama lebih dari 10 jam non-stop, tidak bermasalah. Ini yang membuat banyak lembaga penegak hukum memilih BMW Motorrad sebagai mitra,” kata salah satu sumber yang dikutip bmwmcmag.com.



Sumber bmwmcmag
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X