Kompas.com - 05/05/2014, 10:41 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif – Belum setahun meluncur, Honda Amerika mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall), terhadap Odyssey terbaru karena ditemukan masalah pada kantong udara bagian samping. Tak kurang dari 24.889 unit akan diperbaiki secara gratis, dan kampanye perbaikan efektif dimulai ketika pengguna mendapat e-mail resmi mulai 16 Mei mendatang.

Dari pernyataan resmi yang dirilis (2/5/2014), Honda akan mengganti shorting coupler, peranti elektronik yang diindikasi bermasalah. Disebutkan, ketika melalui proses pemasangan, alat yang menjaga kantong udara agar tidak mengembang sebelum dipasang ke bodi, diindikasi rusak duluan.

Kondisi ini memicu lampu Supplemental Restraint System (SRS) menyala tanpa sebab yang jelas. Dikhawatirkan, ketika benar-benar terjadi kecelakaan, kantong udara samping ini tidak mengembang karena sudah terdeteksi rusak.

Tidak dilaporkan adanya cedera atau nyawa melayang karena masalah ini. Honda menemukan permasalahan kantong udara sebelum terdapat laporan dari pengguna. Perbaikan komponen elektronik kantung udara ini akan dilakukan gratis di dealer. Belum ada informasi, apakah masalah ini juga menimpa region lain di luar Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.