Rossi Akui Sasis Baru Yamaha M1 Terbukti Lebih Stabil

Kompas.com - 05/05/2014, 10:19 WIB
Duo pebalap Movistar Yamaha MotoGP, pakai sasis baru. MotoGP.comDuo pebalap Movistar Yamaha MotoGP, pakai sasis baru.
|
EditorAris F. Harvenda

Jerez, KompasOtomotif – Keputusan Movistar Yamaha menjejalkan sasis baru pada sepeda motor YZR-M1 menghasilkan perbaikan performa cukup menggembirakan. Setidaknya hal ini bisa dilihat pada MotoGP seri ke-4 di Sirkuit Jerez, Spanyol (4/5/2014). Valentino Rossi podium ke-2 (meski harus bertahan di akhir lomba), dan Jorge Lorenzo di pos ke-4.

Untuk Lorenzo, hasil yang diperoleh memang tidak begitu memuaskan. Namun, secara keseluruhan, ada perkembangan positif pada sepeda motor. Di akhir lomba Rossi mengatakan, sasis baru membantu M1 lebih stabil, terutama menjelang dan melewati tikungan, meski cengkeraman ban masih menjadi kendala.

”Cuaca yang panas (suhu lintasan mencapai 53 derajat celsius) membuat ban cepat habis. Saya mengambil keputusan berisiko dengan ban keras di depan, karena pengalaman balapan lalu, ban habis di akhir lomba. Keputusan saya ternyata tepat,” ujar juara dunia balap kelas premier 7 kali itu.

Lorenzo juga sudah menyatakan optimismenya memangkas jarak dengan Pedrosa dan Marquez ketika tim memutuskan pakai sasis baru. Namun, dikatakannya, masalah utama Yamaha adalah kecepatan, terutama saat melibas tikungan.

”Meski terdapat perbaikan di satu sisi (sasis dan pengendalian), kami gagal mencari setelan pas jelang balapan. Ban belakang tidak bekerja maksimal dan selalu kehilangan grip,” beber Lorenzo.

Terus drop
Keluhan soal cengkeraman ban itu bisa dilihat pada catatan waktu keduanya yang terus drop menjelang balapan berakhir. Sementara duo Repsol Honda masih cepat dan konsisten. Itulah mengapa Pedrosa dengan mudah menyalip Lorenzo dan hampir "menerkam" Rossi di akhir lomba. Sementara Marquez sudah bermain di dunianya sendiri.

Memang, satu per satu pekerjaan rumah Yamaha mulai dibereskan. Mulai memperbaiki girboks seamless, sampai menemukan sasis baru. Namun, paling krusial saat ini adalah tenaga sepeda motor, terutama saat keluar dari tikungan.

Balapan masih menyisakan 14 seri lagi, tentu masih banyak waktu untuk Yamaha memperkecil ketertinggalan. Buat penggemar, persaingan sengit membuat musim balap 2014 lebih menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.