Generasi Baru Mazda CX-9 ”Pangkas” Mesin

Kompas.com - 03/05/2014, 16:45 WIB
Mazda CX-9 akan segera meninggalkan mesin boxy V6 untuk digantikan yang lebih kecil. LeftlanenewsMazda CX-9 akan segera meninggalkan mesin boxy V6 untuk digantikan yang lebih kecil.
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif – Mazda CX-9 yang mewakili SUV medium lahir dengan mesin besar enam silinder. Namun terkuak kabar dari salah satu eksekutif, kalau generasi baru bakal lebih ramah lingkungan, dan irit bahan bakar dengan penggunaan mesin yang lebih efektif.

Mesin V6 akan diganti dengan jantung empat silinder turbo. Rupanya Mazda akan segera meninggalkan kompetitor di segmennya yang masih menggunakan mesin besar untuk mengangkut bodi bongsor dengan kapasitas tujuh penumpang di dalamnya.

Informasi ini diindikasikan oleh Masahiro Moro, Mazda Global Head of Sales and Marketing, pada CarAdvice di New York Auto Show beberapa waktu lalu. Dikatakan, CX-9 generasi baru bermesin lebih ringkas ini akan muncul pada 2016.

Langkah ini merupakan salah satu buntut keputusan perusahaan yang pelan-pelan meninggalkan bekas kerjasama dengan Ford. Alasan kedua, Mazda akan fokus dengan mesin efisien, seperti yang selama ini perusahaan lakukan dengan menciptakan teknologi Skyactiv.

”Kami stop memproduksi mesin V6 di penghujung 1990-an. Lalu kami meggunakan mesin V6 Ford (hingga sekarang dan digunakan pada CX-9) hingga kini saatnya setiap orang mendambakan mesin yang kecil dikombinasikan dengan turbo sebagai solusi,” ujar Moro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X