Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Popularitas SUV Geser Segmen Sedan

Kompas.com - 03/05/2014, 14:17 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Tren mobil dunia mulai berjalan seperti yang sudah diprediksi jauh sebelumnya. Sedan akan merosot, MPV naik daun, lalu SUV dan crossover menjadi idola baru. Bukti nyata sudah terjadi di Amerika Serikat (AS), dimana untuk pertama kalinya, dalam tiga bulan pertama, SUV dan crossover "menenggelamkan" pasar sedan.

Data ini berdasar analisis dari Polk diambil dari registrasi mobil yang terdaftar. Dijelaskan, sedan medium seolah menjadi mainstream di negeri Paman Sam, dengan penjualan terbesar selama 10 tahun berturut-turut. Indikasi ancanam SUV pun sudah tampak sejak hadirnya Subaru Forester, Honda CR-V, dan Toyota RAV4 ketika pertama kali diperkenalkan pada 1990-an.

Crossover sedikit demi sedikit menanjak sementara minivan, station wagon, dan SUV body on frame melemah. Jika tren yang kami saksikan di tiga bulan pertama 2014 ini berlanjut hingga akhir tahun, akan menjadi momen yang menyegarkan untuk segmen crossover dan SUV (monokok),” kata Tom Libby dari IHS Automotive.

Crossover dan SUV berdimensi kompak benar-benar menjadi bintang. All-New Nissan Rogue atau disebut X-Trail di berbagai negara sangat sukses menggantikan model lamanya. Sementara Jeep Cherokee naik lima kali lipat dibandingkan Liberty setahun lalu. Subaru Forester juga naik 75 persen, sementara Mazda CX-5 melambung 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com