Popularitas SUV Geser Segmen Sedan

Kompas.com - 03/05/2014, 14:17 WIB
Nissan Rogue atau disebut X-Trail di sejumlah negara sukses luar biasa di Amerika Serikat. LeftlanenewsNissan Rogue atau disebut X-Trail di sejumlah negara sukses luar biasa di Amerika Serikat.
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif – Tren mobil dunia mulai berjalan seperti yang sudah diprediksi jauh sebelumnya. Sedan akan merosot, MPV naik daun, lalu SUV dan crossover menjadi idola baru. Bukti nyata sudah terjadi di Amerika Serikat (AS), dimana untuk pertama kalinya, dalam tiga bulan pertama, SUV dan crossover "menenggelamkan" pasar sedan.

Data ini berdasar analisis dari Polk diambil dari registrasi mobil yang terdaftar. Dijelaskan, sedan medium seolah menjadi mainstream di negeri Paman Sam, dengan penjualan terbesar selama 10 tahun berturut-turut. Indikasi ancanam SUV pun sudah tampak sejak hadirnya Subaru Forester, Honda CR-V, dan Toyota RAV4 ketika pertama kali diperkenalkan pada 1990-an.

Crossover sedikit demi sedikit menanjak sementara minivan, station wagon, dan SUV body on frame melemah. Jika tren yang kami saksikan di tiga bulan pertama 2014 ini berlanjut hingga akhir tahun, akan menjadi momen yang menyegarkan untuk segmen crossover dan SUV (monokok),” kata Tom Libby dari IHS Automotive.

Crossover dan SUV berdimensi kompak benar-benar menjadi bintang. All-New Nissan Rogue atau disebut X-Trail di berbagai negara sangat sukses menggantikan model lamanya. Sementara Jeep Cherokee naik lima kali lipat dibandingkan Liberty setahun lalu. Subaru Forester juga naik 75 persen, sementara Mazda CX-5 melambung 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X