Laporan Langsung dari Beijing Motor Show 2014

Asia akan Jadi Kiblat Baru Otomotif Global

Kompas.com - 23/04/2014, 07:40 WIB
Orang nomor tiga di Nissan Motor Company, menganggap Indonesia sangat penting bagi perusahaan. Agung KurniawanOrang nomor tiga di Nissan Motor Company, menganggap Indonesia sangat penting bagi perusahaan.
|
EditorAris F. Harvenda
Beijing, KompasOtomotif - Nissan Motor Company (NMC) memprediksi, kalau kiblat otomotif global yang selama ini condong ke barat akan segera berubah ke Asia. China sebagai motor utama perkembangan pasar otomotif dunia, akan memelopori pergeseran ini menuju timur disokong oleh negara lain seperti India dan kawasan Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Andy Palmer, Chief Planning Officer Nissan Motor Company (NMC) di Beijing, China, (20/4/2014). Dijelaskan, pergeseran ini disebabkan oleh terjadinya hal serupa pada pengguna produk otomotif di dunia, dari era generasi Baby Boomer yang lahir di era 1946-1964 menjadi Generation X (1960-an sampai awal 1980-an).

Ketika generasi Baby Boomer berkuasa dalam hal industri dan pasar, kiblat otomotif global mutlak berasal dari Amerika Serikat dan Eropa saja. Kini, dengan populasi warga Asia yang besar, termasuk jumlah usia produktif membuat dunia timur mulai punya pengaruh.

"Misalnya ketika mau masuk China, kalau hanya membawa budaya dari Eropa, tidak akan bisa menerima. Justru tren itu akan datang dari timur," jelas Andy.

Buktinya, sudah banyak perusahaan prinsipal otomotif global "takluk" dari kekuatan China dengan memutuskan menciptakan produk khusus. Perkembangan tingkat kualitas hidup yang punya pengaruh langsung cita rasa konsumen di China.

"Justru kami mendorong, kepala pemasaran dan mengirimnya ke China (untuk belajar), mendorong mereka supaya benar-benar mengerti pada generasi yang lagi kita tunggu," tutup Andy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X