Kompas.com - 19/04/2014, 13:00 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

New York, KompasOtomotif – Saat Piala Dunia 2014 digelar di Brazil, Juni nanti, pemirsa televisi di seluruh dunia tidak hanya akan melihat promosi otomotif dari Hyundai tapi juga Volkswagen (VW).

Bos pemasaran VW Amerika Serikat (AS), Vinay Shahani, menjelaskan, pihaknya telah mengalirkan dana besar membeli hak iklan di ESPN, ABS, dan Univision untuk mempromosikan model-model GTI di ajang empat tahunan tersebut.

Hyundai (termasuk Kia) telah menjadi sponsor resmi FIFA sejak 2002, kerja sama itu akan terus berlanjut hingga Piala Dunia 2022. Namun VW percaya, penonton Piala Dunia tahun ini, cocok dengan tipikal konsumen mobil performa. Shahani menerangkan, model GTI sangat populer di kalangan remaja laki-laki, dan konsumen Hispanic (warga negara Amerika keturunan Spanyol ataupun Amerika Latin)

Konsumen Hispanic mewakili jumlah besar viewer Piala Dunia, sekaligus sasaran utama GTI di AS. “Hubungan antara siapa yang menyaksikan Piala Dunia dengan siapa di balik kemudi GTI sangat sempurna. Itu sebabnya setiap pertandingan adalah ‘surga’ buat kami,” beber Shahani kepada Automotive News, Jumat (18/4/2014).

Proyek dilimpahkan pada Deutsch, agensi iklan besar VW. Dibantu toko Hispanic di Miami, COD, yang mengerjakan iklan berbahasa Spanyol. Tidak hanya pada media televisi, promosi besar-besaran juga akan berlangsung di sarana lain termasuk media sosial. Kampanye dimulai 12 Juni saat pembukaan hingga penutupan pada 13 Juli.

Dana 425 juta dollar telah dihabiskan untuk membeli hak siar Piala Dunia di AS pada 2010 dan 2014, ESPN (100 juta dollar) dan Univison (325 juta dollar). Sementara Fox Sports dan Telemundo menggelontorkan 1 miliar dollar untuk izin siar buat Piala Dunia 2018 dan 2022. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.