Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Ikut Ramaikan Piala Dunia 2014

Kompas.com - 19/04/2014, 13:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif – Saat Piala Dunia 2014 digelar di Brazil, Juni nanti, pemirsa televisi di seluruh dunia tidak hanya akan melihat promosi otomotif dari Hyundai tapi juga Volkswagen (VW).

Bos pemasaran VW Amerika Serikat (AS), Vinay Shahani, menjelaskan, pihaknya telah mengalirkan dana besar membeli hak iklan di ESPN, ABS, dan Univision untuk mempromosikan model-model GTI di ajang empat tahunan tersebut.

Hyundai (termasuk Kia) telah menjadi sponsor resmi FIFA sejak 2002, kerja sama itu akan terus berlanjut hingga Piala Dunia 2022. Namun VW percaya, penonton Piala Dunia tahun ini, cocok dengan tipikal konsumen mobil performa. Shahani menerangkan, model GTI sangat populer di kalangan remaja laki-laki, dan konsumen Hispanic (warga negara Amerika keturunan Spanyol ataupun Amerika Latin)

Konsumen Hispanic mewakili jumlah besar viewer Piala Dunia, sekaligus sasaran utama GTI di AS. “Hubungan antara siapa yang menyaksikan Piala Dunia dengan siapa di balik kemudi GTI sangat sempurna. Itu sebabnya setiap pertandingan adalah ‘surga’ buat kami,” beber Shahani kepada Automotive News, Jumat (18/4/2014).

Proyek dilimpahkan pada Deutsch, agensi iklan besar VW. Dibantu toko Hispanic di Miami, COD, yang mengerjakan iklan berbahasa Spanyol. Tidak hanya pada media televisi, promosi besar-besaran juga akan berlangsung di sarana lain termasuk media sosial. Kampanye dimulai 12 Juni saat pembukaan hingga penutupan pada 13 Juli.

Dana 425 juta dollar telah dihabiskan untuk membeli hak siar Piala Dunia di AS pada 2010 dan 2014, ESPN (100 juta dollar) dan Univison (325 juta dollar). Sementara Fox Sports dan Telemundo menggelontorkan 1 miliar dollar untuk izin siar buat Piala Dunia 2018 dan 2022. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com