Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2014, 15:17 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Kesepakatan para produsen mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) memperkecil lubang tangki bahan bakar akan berpengaruh pada proses produksi. Ada dua cara yang bisa dilakukan dengan menambah pelat pada lubang lama kemudian dilas, atau mengubah cetakan lubang sekaligus.

Meski sedikit memengaruhi proses produksi, Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo, memastikan bahwa hal ini tidak akan memengaruhi harga jual. "Prosesnya sederhana itu, jadi tidak akan berpengaruh ke harga. Yang penting kami siap dalam hal teknis," ujar Sudirman di Jakarta Selatan, Kamis (17/4/2014).

Meski menambah sedikit bahan pada lubang tangki, kenaikan biaya produksi masih akan mampu diserap oleh produsen.

Model lawas
Sementara itu, produksi LCGC yang telanjur dipasarkan dengan ukuran lubang tangki yang masih besar akan dibiarkan beredar. Asumsinya, karena baru dipasarkan pada September 2013, populasinya masih belum besar.

Selain itu, dua model terlaris, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, sudah dilengkapi dengan ukuran lubang tangki bahan bakar yang kecil. Artinya, tinggal tiga produsen yang perlu menyesuaikan, yaitu Suzuki WagonR, Honda Brio Satya, dan Datsun Go+, yang baru akan dipasarkan.

Dalam regulasi baru yang sedang disiapkan Kementerian Perindustrian, produsen mobil murah diminta untuk memperkecil lubang tangki BBM. Di sisi lain, Pertamina akan menyeragamkan ujung selang (nozzle) dispenser premium dengan diameter lebih besar. Dengan langkah ini, konsumen mobil murah diharapkan tidak lagi mengonsumsi bahan bakar bersubsidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com