Ford Indonesia: Everest Terbaru Tidak Tahun Ini

Kompas.com - 15/04/2014, 17:18 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif — Ford Motor Indonesia (FMI) mengatakan belum mendapat kabar mengenai peluncuran Everest terbaru di Indonesia. Gumgum Prijadi, Direktur Pemasaran FMI, mengatakan, setidaknya generasi terbaru SUV 7-penumpang tersebut tidak datang pada tahun ini.

“Saat ini kita masih dalam tahap studi, pasti Everest akan diganti. Tapi kalau (diluncurkan) tahun ini, takutnya mengganggu konsentrasi model lain,” ucap Gumgum di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Model lain yang dimaksud tentu Fiesta EcoBoost 1.0 liter, yang baru saja diluncurkan pada bulan lalu dengan harga Rp 240,4–Rp 280,4 juta, serta EcoSport yang segera mengaspal pada pertengahan bulan depan dengan banderol Rp 195,4 juta-Rp 242,4 juta.

Proses
Debut pertama generasi baru Everest di ASEAN, dalam wujud konsep, telah terlaksana di Bangkok International Motor Show pada 25 Maret 2014.  Bagus Susanto, Managing Director FMI, menjelaskan, proses dari konsep hingga versi produksi tidak bisa ditentukan. Setiap unit Ford adalah produk global dalam semangat “One Ford”. Pengembangan setiap model dilakukan dengan masukan dari masing-masing pasar (negara), termasuk Indonesia dari kawasan Asia Pasifik.

“Komplikasinya ada di regulasi (standar emisi) Euro. Di Thailand itu Euro4, kalau di Indonesia Euro2, berarti harus dilakukan penyesuaian. Agar menyesuaikan, kami pastikan semua produk Ford bisa memenuhi kebutuhan Indonesia, termasuk bahan bakar,” ujar Bagus.

Melirik data Gaikindo, Ford telah memasarkan 959 Everest sepanjang 2013, yang terdiri dari Everest XLT 2.5 MT, Everest XLT 2.5 MT 4X4, dan Everest XLT 2.5 AT. Semuanya bermesin diesel. Berarti jika dirata-rata, sekitar 80 unit per bulan.

“Penjualan Everest bagus. Setelah diluncurkan, pasti target akan naik, seperti yang diinginkan setiap prinsipal,” tutup Bagus.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.