Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Indonesia: Everest Terbaru Tidak Tahun Ini

Kompas.com - 15/04/2014, 17:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Ford Motor Indonesia (FMI) mengatakan belum mendapat kabar mengenai peluncuran Everest terbaru di Indonesia. Gumgum Prijadi, Direktur Pemasaran FMI, mengatakan, setidaknya generasi terbaru SUV 7-penumpang tersebut tidak datang pada tahun ini.

“Saat ini kita masih dalam tahap studi, pasti Everest akan diganti. Tapi kalau (diluncurkan) tahun ini, takutnya mengganggu konsentrasi model lain,” ucap Gumgum di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Model lain yang dimaksud tentu Fiesta EcoBoost 1.0 liter, yang baru saja diluncurkan pada bulan lalu dengan harga Rp 240,4–Rp 280,4 juta, serta EcoSport yang segera mengaspal pada pertengahan bulan depan dengan banderol Rp 195,4 juta-Rp 242,4 juta.

Proses
Debut pertama generasi baru Everest di ASEAN, dalam wujud konsep, telah terlaksana di Bangkok International Motor Show pada 25 Maret 2014.  Bagus Susanto, Managing Director FMI, menjelaskan, proses dari konsep hingga versi produksi tidak bisa ditentukan. Setiap unit Ford adalah produk global dalam semangat “One Ford”. Pengembangan setiap model dilakukan dengan masukan dari masing-masing pasar (negara), termasuk Indonesia dari kawasan Asia Pasifik.

“Komplikasinya ada di regulasi (standar emisi) Euro. Di Thailand itu Euro4, kalau di Indonesia Euro2, berarti harus dilakukan penyesuaian. Agar menyesuaikan, kami pastikan semua produk Ford bisa memenuhi kebutuhan Indonesia, termasuk bahan bakar,” ujar Bagus.

Melirik data Gaikindo, Ford telah memasarkan 959 Everest sepanjang 2013, yang terdiri dari Everest XLT 2.5 MT, Everest XLT 2.5 MT 4X4, dan Everest XLT 2.5 AT. Semuanya bermesin diesel. Berarti jika dirata-rata, sekitar 80 unit per bulan.

“Penjualan Everest bagus. Setelah diluncurkan, pasti target akan naik, seperti yang diinginkan setiap prinsipal,” tutup Bagus.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com