Polisi Vietnam Pakai Pistol Jala untuk Menjerat “Biker” Liar

Kompas.com - 08/04/2014, 10:37 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Hanoi, KompasOtomotif - Perilaku liar butuh tindakan ekstrem pula. Gerah dengan kelakuan “pebalap liar” di wilayah utara propinsi Thanh Hoa, Kepolisian Vietnam mendesain “pistol jala” buat menembak “biker” yang kelewat batas.

Metode khusus ini sebenarnya telah lama digunakan, namun terus dikembangkan hingga sekarang. Pada Oktober 2011, polisi benar-benar menggunakan jala untuk menangkap “biker” yang mencoba melarikan diri ketika kepergok balap liar. Jala itu dilemparkan ke arah sepeda motor yang sedang melaju, menyebabkan tali kusut di bagian roda membuat tersendat kemudian berhenti.

Namun kontroversi merebak, cara ini dianggap berbahaya sebab kecelakaan bisa saja terjadi bila roda berhenti mendadak. Pada Maret 2013, “menjala” tidak lagi dipakai, akibatnya pada hari Natal aksi kebut-kebutan merajalela dan meresahkan masyarakat.

Kini solusi ditemukan, berupa senjata 'fishnet launcher'. Alat ini mirip pistol dengan peluru jala. “Pelontar baru ini diharapkan dapat lebih efektif memberhentikan pebalap liar dalam kecepatan berapa pun,” ucap Letnan Kolonel My Duy Xuan, selaku kepala kepolisian lalu-lintas Thanh Hoam, kepada Dailymail, (4/4/2014). 

Aparat berwajib akan terus menggunakan jala, ia juga menambahkan pengembangan tidak berhenti dilakukan. “Kami melipat jala dan menambahkan pemberat agar lebih mudah membidik. Efek buat sepeda motor, kecepatan melambat dan kemudian berhenti, tidak berlaku tiba-tba seperti sebelumnya,” imbuh My Duy Xuan.

Kepolisian mengklaim lebih efektif dan akurat, terutama bila digunakan pada malam hari di lokasi kejadian. Larangan berlaku, tidak boleh membidik bagian kepala. . 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.