Komodo, Dipakai untuk Nama Model SUV India

Kompas.com - 07/04/2014, 11:49 WIB
Rekaan digital SUV Mahindra Komodo CarscoopsRekaan digital SUV Mahindra Komodo
|
EditorAris F. Harvenda

New Delhi, KompasOtomotif -- Manufaktur asal India, Mahindra & Mahindra (M&M), terus menarik perhatian otomotif dunia. Setelah mengakuisisi pabrikan terbesar keempat Korea Selatan, SsangYong, pada 2010 lalu, pengembangan mobil konsep mereka memasuki tahap kemajuan terbaru. Paling anyar, M&M punya mobil konsep dengan nama unik, Komodo IED Concept.

Sama dengan konsep sebelumnya, mobil listrik Halo Coupe dan SUV Scorpio. Pemilihan nama yang digunakan selalu mengundang atensi. M&M tidak menjelaskan soal penamaan Komodo, tetapi jelas bahwa makna kata itu mirip dengan nama kadal terbesar simbol khas Indonesia.

Carscoops SUV Mahindra Komodo

Makrand Patil, desainer berkebangsaan India, merupakan personel yang bertanggung jawab atas seluruh konsep Komodo. Kreasinya dapat dicermati dalam foto, seluruh purwarupa direka sewaktu menjalani studi di institut desain Eropa terkemuka (Institute Europeo di Design/IED) di Turin, Italia.   

“Apa yang saya persembahkan adalah SUV khusus pasar India. Pengguna bisa siapa saja, mulai dari pebisnis muda usia menengah, pria berkeluarga, hingga penggemar olahraga. Mobil ini besar, kuat, dan kokoh, serta mewah pada saat yang bersamaan. Sempurna untuk kondisi jalanan India,” katanya seperti tertulis dalam surel kepada Carscoops, bulan lalu.

Carscoops Tampak belakang SUV Mahindra Komodo

Komodo punya dua kepribadian, yaitu mampu berjalan mulus di jalan raya layaknya mobil “normal” dan punya kemampuan off-road untuk menunjang aktivitas “liar”. Sistem gerak semua roda (4X4) menghalalkan Komodo beraksi di luar jalan aspal.

Rekaan mobil produksi ini mengadopsi semua atribut merek Mahindra, seperti kemampuan, keaslian desain, dan fungsionalitas. Spesialisasinya pada ketahanan dan keandalan sebagai idaman India.

“Mimpi saya untuk memadukan DNA orisinal Mahindra yang telah berevolusi menghasilkan yang terhebat, Mahindra Komodo,” ucap Patil menutup kata.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X