Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2014, 20:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber auto.lafa

Moskwa, KompasOtomotif -- Berbeda dengan dua model yang telah diperkenalkan sebelumnya, Datsun Go dan Go+, khusus untuk Rusia, model sedan disebut on-DO.

Dijelaskan, kata “DO” berhubungan dengan budaya tradisional Jepang yang bisa diterjemahkan menjadi “bergerak”. Sementara “on” menandakan sifat atau kata kerja. Bila ditambahkan Datsun, semuanya berarti keinginan untuk membuka akses mobilitas dan kebebasan bergerak bagi semua.

Kelahiran Datsun di Moskwa, Rusia, mendapatkan respons dari Indonesia. Indriani Hadiwidjaja, GM Business Unit Datsun Indonesia, mengatakan, world premiere sedan tersebut merupakan langkah ekspansi sekaligus komitmen mulai dari India, Indonesia, Rusia, hingga nantinya Afrika Selatan.

“Sedan diperkenalkan khusus di Rusia karena market di sana memang sedan. Hal ini juga merupakan bukti bahwa Datsun menyesuaikan pasar masing-masing negara yang dituju,” ujar Indriani kepada KompasOtomotif, Jumat (4/4/2014).

Di Rusia, on-DO dibanderol 400.000 rubel, bila dikonversikan langsung sekitar Rp 120 juta. Dibangun di atas Lada Kalina, pengembangannya merupakan hasil kolaborasi insinyur Renault-Nissan. Model terbaru ini dilengkapi mesin lebih besar, yakni 1.6 liter bertenaga 87 PS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber auto.lafa
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com