Kompas.com - 04/04/2014, 10:32 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif – Consumer Reports—lembaga survei produk di AS yang menggali informasi langsung dari konsumen—merilis data cukup mengejutkan, akhir Maret lalu. Dipublikasikan, sepeda motor Jepang jauh lebih reliable alias tahan banting, ketimbang merek-merek dari negara lain, seperti Jerman atau bahkan Amerika Serikat. Yamaha menduduki posisi tertinggi.

Tak hanya produsen berlogo garputala, berturut-turut di tiga besar ada Kawasaki dan Honda menempati pos ke-2 dan ke-3. Menyusul di lima besar, baru diikuti Harley-Davidson lalu BMW. Persentase kerusakan Yamaha paling rendah dibanding lainnya, yakni 11 persen. Diikuti Kawasaki 13 persen, Honda 14 persen, lalu Harley-Davidson 24 persen, dan BMW 30 persen.

Survei dilakukan dengan mewawancarai 4.424 pemilik sepeda motor, lalu dikelompokan lagi berdasar usia sepeda motor dan jarak yang sudah ditempuh. Sementara hasil lainnya, saat mengevaluasi tipe sepeda motor yang sering rusak, kebanyakan model touring. Lalu diikuti model dual-sports (adventure), sport tourers, dan cruiser.

Menariknya, prosentase pemilik Harley-Davidson dan BMW yang menyatakan tak ingin membeli sepeda motor merek lain justru lebih tinggi. Kerusakan yang sering terjadi tak membuat konsumen lantas berpikiran negatif terhadap merek.

Dari data, 75 persen konsumen Harley-Davidson dan 74 persen pemilik BMW masih ingin menjalin emosi dengan sepeda motor. Lalu diikuti konsumen Honda yang paling puas dengan angka 72 persen, Yamaha 63 persen, dan Kawasaki 60 persen. Survei ini sekaligus membuktikan keterkaitan antara kepuasan konsumen dengan citra merek sangat tinggi.

Untuk membuat sepeda motor tetap berperforma baik, Consumer Reports pun menyarankan para pemilik selalu merawat kendaraan dengan baik, dimulai dari hal-hal ringan. Misalnya mengecek tekanan angin, rem, dan sesekali mengecek mesin ke bengkel. Tak kalah penting, simpan di tempat yang terlindung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.