Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerus Suzuki Baleno Terungkap di China

Kompas.com - 04/04/2014, 07:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber zigwheels
Delhi, KompasOtomotif - Meski sudah tidak dipasarkan lagi di Indonesia, Suzuki SX4 sedan yang lebih dikenal dengan Baleno ternyata punya penerus. Model terbaru ini punya nama Ciaz, sudah pernah dipamerkan konsepnya di Delhi Auto Show, Januari 2014 lalu dan tengah dipatenkan di China.

Bentuk produksi massal Ciaz rencananya akan dipasarkan di negara berkembang lain seperti China dan India. Kalau dibandingkan dengan konsepnya, versi produksi mengalami ubahan di bagian lampu depan, belakang, gril, dan bemper, sehingga terlihat lebih nyata bukan seperti mobil impian.

Meski belum ada ukuran pasti, tapi dimensi Ciaz terasa lebih bongsor ketimbang SX4 sedan sebelumnya. Satu fakta yang pasti, Ciaz khusus didedikasikan untuk India dan China.

Di balik kap, akan dipasangi mesin bensin 1.6 liter dan pilihan diesel. Juga akan ada pilihan transmisi manual dan otomatis. Ciaz akan mengisi segmen sedan mini yang "penduduknya" cukup beragam, bersaing dengan Honda City, Hyundai Verna, Fiat Linea, VW Vento, Skoda Fabia, Ford Fiesta, Renault Scala, dan Nissan Sunny.

Meski persaingan ketat, Maruti Suzuki dikabarkan akan punya daya saing maksimal dengan banderol paling kompetitif. Ciaz baru rencana diluncurkan akhir 2014 dengan banderol berkisar 7,5 lakh (Rp 140,7 juta) per unit untuk varian terendah.

Indianautosblog Konsep Suzuki Ciaz saat diperkenalkan di Auto Expo di India, Rabu (5/2/2014).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber zigwheels
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com