Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggemar Protes karena Wajah Schumacher Disalahgunakan

Kompas.com - 03/04/2014, 10:54 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif - Fans Michael Schumacher naik pitam begitu mengetahui majalah asal Jerman khusus wanita, Die Aktuelle, memajang foto legenda F1 itu di cover depan dengan bertuliskan, “Aufgewacht!” yang berarti Bangun! Masalahnya, konten artikel di dalamnya sama sekali tidak menceritakan soal mantan pebalap F1 itu, melainkan orang lain yang telah siuman setelah koma.

Majalah kini berada dalam pengawasan terkait tuduhan usaha membohongi masyarakat untuk mendapatkan publikasi. Indikasi lain, ini semua hanya sekedar salah edit.

Salah satu yang melakukan protes, Dr Gerd Hartmann, mengomentari kepada News.de. “Kelakuan majalah seperti ini sangat buruk sekali, terutama setelah dikatakan, kemungkinan Schumy sembuh dengan terapi kecil harapannya. Dari 10 pasien, lima di antaranya tidak sembuh, tiga sembuh sebagian, dan hanya dua yang sehat kembali,” ujar Hartmann.  

Christian Schicha, ahli etika media Jerman menuturkan, “Ini jelas usaha penipuan pembaca. Ada upaya mencari keuntungan dari orang sakit. Sama sekali tidak menunjukan rasa kepedulian. Melanggar etika, tidak perlu dipertanyakan lagi."  

Kesannya, lanjut Schicha, dari judul berita utama Die Aktuelle mengetahui informasi baru. Mereka seperti mengorbankan keluarga yang sudah terlalu lama menderita setelah berita kabar juara dunia F1 7 kali tersebut terus santer terdengar.

Berita ini menyebar setelah Corinna setuju menghabiskan dana 10 juta pound untuk membawa seluruh peralatan dan fasilitas rumah sakit ke kediaman mereka di salah satu kawasan di Swiss. Sejak 29 Desember 2013, sudah Lebih dari tiga bulan Schumy terbaring dalam kondisi koma. Dokter masih terus berusaha membangunkan dari tidur panjang.  Belum ada kepastian, ketakutan terbesarnya Schumy tidak akan pernah bangun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com