Penggemar Protes karena Wajah Schumacher Disalahgunakan

Kompas.com - 03/04/2014, 10:54 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Munich, KompasOtomotif - Fans Michael Schumacher naik pitam begitu mengetahui majalah asal Jerman khusus wanita, Die Aktuelle, memajang foto legenda F1 itu di cover depan dengan bertuliskan, “Aufgewacht!” yang berarti Bangun! Masalahnya, konten artikel di dalamnya sama sekali tidak menceritakan soal mantan pebalap F1 itu, melainkan orang lain yang telah siuman setelah koma.

Majalah kini berada dalam pengawasan terkait tuduhan usaha membohongi masyarakat untuk mendapatkan publikasi. Indikasi lain, ini semua hanya sekedar salah edit.

Salah satu yang melakukan protes, Dr Gerd Hartmann, mengomentari kepada News.de. “Kelakuan majalah seperti ini sangat buruk sekali, terutama setelah dikatakan, kemungkinan Schumy sembuh dengan terapi kecil harapannya. Dari 10 pasien, lima di antaranya tidak sembuh, tiga sembuh sebagian, dan hanya dua yang sehat kembali,” ujar Hartmann.  

Christian Schicha, ahli etika media Jerman menuturkan, “Ini jelas usaha penipuan pembaca. Ada upaya mencari keuntungan dari orang sakit. Sama sekali tidak menunjukan rasa kepedulian. Melanggar etika, tidak perlu dipertanyakan lagi."  

Kesannya, lanjut Schicha, dari judul berita utama Die Aktuelle mengetahui informasi baru. Mereka seperti mengorbankan keluarga yang sudah terlalu lama menderita setelah berita kabar juara dunia F1 7 kali tersebut terus santer terdengar.

Berita ini menyebar setelah Corinna setuju menghabiskan dana 10 juta pound untuk membawa seluruh peralatan dan fasilitas rumah sakit ke kediaman mereka di salah satu kawasan di Swiss. Sejak 29 Desember 2013, sudah Lebih dari tiga bulan Schumy terbaring dalam kondisi koma. Dokter masih terus berusaha membangunkan dari tidur panjang.  Belum ada kepastian, ketakutan terbesarnya Schumy tidak akan pernah bangun.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.