Sentul Belum Layak, Porsche Tahan Geber OMR

Kompas.com - 02/04/2014, 14:59 WIB
Porsche pernah balapan resmi di Sentul dalam ajang Asian Festival of Speed. Sentul International CircuitPorsche pernah balapan resmi di Sentul dalam ajang Asian Festival of Speed.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Porsche adalah salah satu merek yang identik dengan kecepatan. Berbeda dengan Ferrari, Lamborghini, dan lainnya, merek asal Jerman ini lebih konsisten menjaga image tersebut dengan banyak menggelar ajang balap (motorsport), yang dihelat dan diikuti di sejumlah negara. Ada peluang ke Indonesia? Rasanya cukup jauh.

Dalam sejarahnya di Indonesia, mobil-mobil Porsche milik orang Indonesia beberapa kali balapan resmi di Sentul, Jawa Barat, itu pun ”nebeng” event Asian Festival of Speed. Selebihnya, kegiatan komunitas dan ajang balap tidak resmi lainnya.

Soal ini, Cristoph Coi, Managing Director PT Eurokars Artha Utama, sebagai pemegang merek Porsche di Indonesia, mengatakan bahwa ada alasan penting mengapa pihaknya tidak bisa menyelenggarakan balap resmi One Make Race (OMR) Porsche di Indonesia, yaitu soal sirkuit.

”Memang, mobil kami pernah balap di sini (Sentul) pada 2010. Namun kami tidak bisa membuat balapan sendiri karena kendala Sirkuit Sentul. Kalau sudah FIA approved, kami akan kembali,” ujar Coi, di sela peluncuran program promosi untuk Porsche Macan, (1/4/2014), di Jakarta.

Artinya, tidak akan ada OMR sebelum Sentul diakui federasi balap internasional sebagai sirkuit yang layak. Soal volume penjualan, Coi mengatakan bahwa sudah banyak pemilik Porsche di Indonesia. Rata-rata bahkan ingin menguji kecepatan lebih maksimal di sirkuit. Indikasinya, dilihat dari acara komunitas Porsche yang digelar di Sentul beberapa waktu lalu.

OMR memang kental dengan Porsche. Sebut saja Porsche Carrera Cup atau GT3 Cup yang mampir di empat benua, mulai Asia (Jepang), Australia, Amerika (Kanada), dan pastinya Eropa (Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Skandinavia).

Di dunia balap lain pun, kemenangan demi kemenangan diraih dalam ajang Le Mans, Daytona, reli, bahkan F1 bersama tim McLaren di era 1980-an.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X