Kompas.com - 02/04/2014, 13:34 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Wolfsburg, KompasOtomotif - Model ikonis Volkswagen Golf telah berusia 40 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 1974. Sepanjang hidupnya, Golf telah mencatatkan sejarah sebagai mobil Eropa terlaris sejagat. Lebih dari 30 juta unit telah diproduksi dan dipasarkan di seluruh dunia.

Produksi paling banyak adalah varian hatchback 3-pintu, selain itu masih ada hatchback 5-pintu, stationwagon, convertible, dan sedan. Golf mengisi banyak segmen, mulai dari mobil harian hingga performa.

Cerita singkat
Sepak terjang sukses dimulai sejak era generasi pertama (MkI). Hanya dalam dua tahun pemasaran, produksi mencapai 1 juta unit. Di Amerika Serikat, MkI dijual dengan nama Volkswagen Rabbit dan Caribe di Kanada.

Perhatian konsumen mulai fokus pada keselamatan. Itulah sebabnya di generasi kedua (MkII) yang keluar pada 1983, disematkan fitur ABS, catalytic converter, dan sistem penggerak semua roda (All-Wheel Drive). Penyempurnaan terus dikembangkan hingga MkIII, mesin lama pensiun, perannya digantikan tipe 6-silinder. Fitur tambahan lain, kantung udara dan cruise control.

Pada MkIV (1997), Volkswagen memajukan performa dengan transmisi kopling ganda. Berlanjut ke MkV (2003), Golf berevolusi sekaligus berinovasi semakin canggih. Selain pembuatan bodi menggunakan metode pengelasan laser, dan tambahan kantung udara di bagian samping, para teknisi berhasil merakit mesin produksi pertama yang mengombinasikan supercharger dan turbocharger dalam satu mesin.

Pembaruan lebih baik datang di dalam MkVI pada 2008. Desain eksterior dibuat lebih “bersih”, sedangkan bagian kokpit semakin elegan. Kini, generasi unit yang beredar, MkVII, yang lahir pada 2012 lalu. Dibangun di atas platform global VW Group, membuatnya seperti terlahir kembali. Secara keseluruhan, bobot lebih enteng dibanding pendahulu. Fitur-fitur modern bertebaran mengikuti perkembangan dunia otomotif.

Gelar
Golf punya segudang prestasi. Pada 2009, Mk VI dianugerahi World Car of The Year, disusul MkVII meraih prestasi yang sama pada 2013. Bahkan semua generasi Golf, setidaknya selalu menjadi runner up European Car of The Year.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.