Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kekhawatiran Suzuki akan kembalinya Datsun di Indonesia dengan memboyong Go+ semakin kentara. Pasalnya, Go+ akan menjadi satu-satunya produk LCGC yang masuk segmen kendaraan multi guna (MPV) bawah.

Satu segmen yang selama ini mendominasi penjualan mobil nasional, dengan komposisi pangsa sampai 35-40 persen. Sementara model LCGC yang ada dipasar saat ini, yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun WagonR semuanya masuk dalam kategori mobil kota dengan ukuran lebih kompak.

Nah, Suzuki tidak mau kehilangan kesempatan untuk menambah pundi-pundi penjualan. Salah satunya dengan menawarkan varian baru, Karimun WagonR tiga baris (three row) alias MPV. "Kalau Datsun bisa memasukkan Go+ dalam program LCGC, berarti kami juga bisa," jelas Seiji Itayama, Direktur Pelaksana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjawab KompasOtomotif di Jakarta Selatan, Rabu (25/3/2014).

Suzuki sebenarnya sudah mengenalkan sosok Karimun WagonR MPV di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2013. Kala itu, Suzuki Indonesia mengaku tengah melakukan penelitian dari pengunjung pameran untuk mendapatkan animo terhadap varian tersebut.

Berbekal masukan ini, proyek terus berlanjut sambil menunggu kompetitor (Datsun Go+) mulai dipasarkan. Lantas, kapan mau melepas Karimun WagonR MPV di Indonesia?  "Inginnya sih tahun ini, tapi saya belum bisa menjelaskan apa-apa. Itu rahasia," tukas Itayama.

20 Persen
Di sisi lain, Itayama memprediksi total pasar LCGC tahun ini akan mencakup 20 persen terhadap total pasar mobil nasional. Artinya, jika Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi total pasar 1,25 juta unit tahun ini, maka total penjualan LCGC paling sedikit mencapai 200.000 unit lebih.

"Sangat mungkin mencapai itu (200.000 unit), karena nanti akan ada Datsun Go dan Go+, sehingga pasarnya semakin membesar. Apalagi penjualan MPV low (Avanza, Xenia, Ertiga, Spin, Evalia) dan hatcback (Jazz, Yaris, Swift, Mazda2, Fiesta, Rio, dan Grand Avega) menurun, mulai terpengaruh LCGC," tutup Itayama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com