Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Indonesia, Jeep Renegade Tembus Rp 300 Juta-an

Kompas.com - 18/03/2014, 16:23 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Fiat Chrysler Automotive (FCA) resmi meluncurkan model kolaborasi terbarunya, Jeep Renegade, di ajang Geneva Auto Show, awal Maret 2014. SUV segmen B ini disiapkan sebagai model global dan akan dipasarkan keseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dipasarkannya Renegade ke Indonesia tak terlepas dari komitmen prinsipal (FCA) berniat memasukkan model-model kompak berkapasitas kecil karena rencana kenaikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Kalau cuma mengandalkan Jeep yang menggendong mesin 3.8 liter, sudah pasti penjualan FCA di Indonesia semakin menciut nantinya. Selain itu, Chrysler juga sudah memastikan Fiat Panda meluncur semester kedua tahun ini. Setelah itu menyusul Fiat 500.

Sesuai pernyataannya dalam perkenalan perdana di Geneva, Mike Manley, Chief Executive Officer Jeep, mengatakan, "Jeep Renegade 2015 akan memperluas portofolio dan target penjualan SUV kecil di seluruh dunia."

Ideal
Nah, sumber internal KompasOtomotif di PT Garansindo Inter Global (Chrysler Indonesia) mengatakan bahwa Renegade akan jadi salah satu amunisi prinsipal untuk memperbesar kehadirannya di Indonesia. Potensi pasar yang besar dan karakteristik jalan berlubang menjadikan Indonesia ideal sebagai "habitat" pemasar SUV.

Indonesia akan mengimpor Renegade bermesin 1.4 liter turbo, empat silinder segaris, dipadu dengan transmisi 9-percepatan otomatis. Hasilnya, tenaga mencapai 160 hp dan torsi 230,5 Nm. "Di AS, peluncuran baru direncanakan tahun ini, biasanya terpaut sekitar enam bulan setelah itu bisa mulai dipasarkan ke Indonesia," jelas sumber, Selasa (18/3/2014).

Soal harga jual, memang belum ada konfirmasi, tetapi sumber pihak pabrikan mengatakan dimulai dari 18.595 dollar AS (leftlanenews) atau Rp 210,8 juta. Lantas berapa harga yang layak bagi Renegade di Indonesia?

"Kalau lancar, banderol Renegade di Indonesia akan tembus Rp 300 juta-an. Berkisar Rp 350-380 juta, tapi pasti di bawah Rp 400 juta," jelas sumber itu lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com