Kompas.com - 18/03/2014, 16:23 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Fiat Chrysler Automotive (FCA) resmi meluncurkan model kolaborasi terbarunya, Jeep Renegade, di ajang Geneva Auto Show, awal Maret 2014. SUV segmen B ini disiapkan sebagai model global dan akan dipasarkan keseluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dipasarkannya Renegade ke Indonesia tak terlepas dari komitmen prinsipal (FCA) berniat memasukkan model-model kompak berkapasitas kecil karena rencana kenaikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Kalau cuma mengandalkan Jeep yang menggendong mesin 3.8 liter, sudah pasti penjualan FCA di Indonesia semakin menciut nantinya. Selain itu, Chrysler juga sudah memastikan Fiat Panda meluncur semester kedua tahun ini. Setelah itu menyusul Fiat 500.

Sesuai pernyataannya dalam perkenalan perdana di Geneva, Mike Manley, Chief Executive Officer Jeep, mengatakan, "Jeep Renegade 2015 akan memperluas portofolio dan target penjualan SUV kecil di seluruh dunia."

Ideal
Nah, sumber internal KompasOtomotif di PT Garansindo Inter Global (Chrysler Indonesia) mengatakan bahwa Renegade akan jadi salah satu amunisi prinsipal untuk memperbesar kehadirannya di Indonesia. Potensi pasar yang besar dan karakteristik jalan berlubang menjadikan Indonesia ideal sebagai "habitat" pemasar SUV.

Indonesia akan mengimpor Renegade bermesin 1.4 liter turbo, empat silinder segaris, dipadu dengan transmisi 9-percepatan otomatis. Hasilnya, tenaga mencapai 160 hp dan torsi 230,5 Nm. "Di AS, peluncuran baru direncanakan tahun ini, biasanya terpaut sekitar enam bulan setelah itu bisa mulai dipasarkan ke Indonesia," jelas sumber, Selasa (18/3/2014).

Soal harga jual, memang belum ada konfirmasi, tetapi sumber pihak pabrikan mengatakan dimulai dari 18.595 dollar AS (leftlanenews) atau Rp 210,8 juta. Lantas berapa harga yang layak bagi Renegade di Indonesia?

"Kalau lancar, banderol Renegade di Indonesia akan tembus Rp 300 juta-an. Berkisar Rp 350-380 juta, tapi pasti di bawah Rp 400 juta," jelas sumber itu lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.