Kompas.com - 17/03/2014, 10:04 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Tavullia, KompasOtomotif – Pebalap 9 kali juara MotoGP, Valentino Rossi, tentu ingat benar ketika masih diasuh oleh pebalap kawakan, Michael Doohan, saat masuk ke kelas 500 cc pada 2000 lalu. Bekal transfer ilmu dari senior ke junior itu membuat Rossi sukses menyabet gelar terhormat pada 2001 dan terus berulang 7 kali hingga 2009. Pentingnya bimbingan buat ‘rookie” inilah yang mendasari dibukanya VR46 Riders Academy, pusat pelatihan bakat muda Italia di ranah roda dua.

Diresmikan oleh Rossi pada 13 Maret 2014, berpusat di tanah kelahiran, Tavullia, tempat yang sama dengan lokasi Motor Ranch (trek buatan Rossi). Sejauh ini ada 6 bakat muda yang direkrut, yakni Franco Morbidelli (pebalap Moto2), Luca Marini (adik terkecil Rossi), Andrea Migno dan Nicolò Bulega (pebalap kejuaraan CEV), serta Romano Fenati dan Pecco Bagnaia (pebalap SKY Moto3 besutan Rossi).

Balapan tidak hanya soal bakat, pembinaan juga penting. keenam bibit masa depan itu berlatih bersama namun diberikan program rutin spesifik yang disesuaikan dengan kemampuan fisik dan psikis. Dioperasikan tim profesional, logistik, administrasi, dan hubungan dengan kejuaraan balap dunia, diatur oleh orang kepercayaan Rossi.

Belum ada keterangan apakah VR46 Riders Academy menerima murid dari luar Italia, pasalnya setiap pebalap muda dari seluruh penjuru dunia pasti bermimpi mendapatkan pengalaman dan pengetahuannya langsung dari “The Doctor”. Kini Rossi bertanding di MotoGP musim 2014, beberapa kalangan mengatakan tindakan ini merupakan jaminan sarana kegiatan setelah pensiun nanti. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.