Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Buka Kursus Balap Sepeda Motor

Kompas.com - 17/03/2014, 10:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tavullia, KompasOtomotif – Pebalap 9 kali juara MotoGP, Valentino Rossi, tentu ingat benar ketika masih diasuh oleh pebalap kawakan, Michael Doohan, saat masuk ke kelas 500 cc pada 2000 lalu. Bekal transfer ilmu dari senior ke junior itu membuat Rossi sukses menyabet gelar terhormat pada 2001 dan terus berulang 7 kali hingga 2009. Pentingnya bimbingan buat ‘rookie” inilah yang mendasari dibukanya VR46 Riders Academy, pusat pelatihan bakat muda Italia di ranah roda dua.

Diresmikan oleh Rossi pada 13 Maret 2014, berpusat di tanah kelahiran, Tavullia, tempat yang sama dengan lokasi Motor Ranch (trek buatan Rossi). Sejauh ini ada 6 bakat muda yang direkrut, yakni Franco Morbidelli (pebalap Moto2), Luca Marini (adik terkecil Rossi), Andrea Migno dan Nicolò Bulega (pebalap kejuaraan CEV), serta Romano Fenati dan Pecco Bagnaia (pebalap SKY Moto3 besutan Rossi).

Balapan tidak hanya soal bakat, pembinaan juga penting. keenam bibit masa depan itu berlatih bersama namun diberikan program rutin spesifik yang disesuaikan dengan kemampuan fisik dan psikis. Dioperasikan tim profesional, logistik, administrasi, dan hubungan dengan kejuaraan balap dunia, diatur oleh orang kepercayaan Rossi.

Belum ada keterangan apakah VR46 Riders Academy menerima murid dari luar Italia, pasalnya setiap pebalap muda dari seluruh penjuru dunia pasti bermimpi mendapatkan pengalaman dan pengetahuannya langsung dari “The Doctor”. Kini Rossi bertanding di MotoGP musim 2014, beberapa kalangan mengatakan tindakan ini merupakan jaminan sarana kegiatan setelah pensiun nanti. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com