Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford EcoSport Versi "Mesin Kecil" Masih Lama!

Kompas.com - 17/03/2014, 08:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Hua Hin, KompasOtomotif - Ford EcoSport hanya meluncur di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia yang diawali dengan satu varian mesin, 1.5L, empat silinder, twin independent variable camshaft timing (Ti-VCT). Padahal, di beberapa kawasan sudah dipasarkan varian bermesin kecil, Ecoboost 1.0L, dengan tenaga lebih besar dan efisiensi semakin tinggi. Lalu, seberapa besar peluangnya dipasarkan di Indonesia?

George A. Thornton, Segmen Chief Engineer Ford EcoSport Ford Motor Company Asia Pacific mengatakan, untuk sementara akan dipasarkan satu varian mesin terlebih dahulu, dan ini pun sudah diyakini bakal meraih sukses.

"Paling penting adalah efisiensi bahan bakar, dan driving performance. Mesin 1.5L, Ti-VCT, sudah cukup untuk memberikan atribut performa tenaga. Tapi tetap tidak menutup kemungkinan akan kami pasarkan," jelas Thornton (15/3/2014).

Memang, performa mesin Ecoboost jauh lebih menjanjikan. Jantung pacu ini adalah salah satu hasil rekayasa Ford paling mutakhir dan diakui dunia sebagai salah satu mesin terbaik, 2 tahun berturut-turut.

Harga
Tentu, harga akan lebih mahal. Sebagai bayangan, Ford Motor Indonesia (FMI) mulai menjual tipe mesin ini dalam varian Fiesta bulan ini. Harga memang belum resmi diumumkan, tapi bocorannya akan berada di rentang Rp 250-280 juta.

Begitu pula dengan EcoSport varian Ecoboost. Jika harga saat ini dengan mesin 1.5L, Ti-VCT, di rentang Rp 190-250 juta, bisa jadi nanti ketika diluncurkan dengan varian tersebut akan menyentuh Rp 300-an juta.

Ketika ditanya soal ini, Managing Director FMI Bagus Susanto pun masih enggan membuka komentar. Hanya dia menyebut bahwa hal itu pasti dipertimbangkan, meski datangnya masih akan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com