Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Sport Honda "Tumbuh Subur" di Pontianak

Kompas.com - 16/03/2014, 12:02 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Pontianak, KompasOtomotif - PT Astra International tbk-Honda Sales Operation wilayah Kalimantan Barat mengaku, terus tumbuh subur di pasar sepeda motor segmen sport, dengan penjualan semua merek mencapai 1.400 unit. Honda mengaku menikmati pangsa pasar sampai 30 persen.

"Komposisi pangsa pasar ini naik 16 persen kalau dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya (2013). Kalau dibandingkan 2012, pertumbuhan mencapai 28 persen. Sampai akhir tahun, kami harap bisa menikmati 40 persen total pasar," beber Ronny Agustinus, Kepala Wilayah PT Astra International tbk-Honda Sales Operation di Pontianak, Sabtu (15/3/2014).

Dijelaskan, model sport terlaris masih ditopang oleh Verza150 dengan sumbangan 250 unit, disusul CB150R StreetFire 130 unit, dan New Mega Pro injeksi 50 unit. "Untuk Mega Pro sebenarnya sudah ada inden sampai 60 unit, target kami menjual 150 unit per bulan," jelas Ronny.

Untuk strategi pemasaran, HSO Kalimantan Barat mengaku sudah memosisikan segmentasi pasar yang berbeda untuk ketiga model sport berbekal mesin 150 cc itu. Khusus untuk Verza150, menyasar pada konsumen entry level yang menginginkan model sport tapi dengan dana terjangkau.

"Untuk MegaPro kami menyasar pada konsumen perusahaan, sementara untuk CB150R kuat komunitasnya," lanjut Ronny.

Di sisi lain, HSO Kalimantan Barat mengaku sudah berhasil menjual 5.200 unit, naik dibandingkan Januari 5.200 nit. "Kalau dibandingkan Januari, bulan lalu memang turun, tapi itu lebih faktor cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Jadi, sepertinya Maret penjualan Honda bisa mencapai 6.900 unit dengan pangsa pasar 55 persen," tutup Ronny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com