Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurburgring Laku 106,8 Juta Dollar AS

Kompas.com - 12/03/2014, 17:50 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Nurburg, KompasOtomotif — Setelah lebih dari setahun dipertanyakan, sirkuit legendaris Nurburgring kini telah resmi berganti kepemilikan. Namun, tempat itu tetap milik Jerman.

Tawaran pada menit-menit akhir sebesar 106,8 juta dollar AS dari investor baru, Capricon Development, akhirnya disetujui. Hal tersebut sekaligus menyisihkan penawar potensial lain, grup penanam modal asal Amerika Serikat, HIG Capital.

Capricon tidak asing lagi dengan sirkuit yang terletak di Rheinland-Pfalz, Jerman, itu. Perusahaan tersebut juga memiliki kantor penyuplai komponen buat pabrikan dan tim balap. Seluruh perpindahan lisensi buat trek sepanjang 5,148 km yang pernah dipakai untuk balapan F1, F3, Grand Prix Jerman, Grand Prix Eropa, 100 Km Nurburgring, Nurburgring 24 Jam, DTM, dan GP2 ini masih menunggu proses dan akan selesai pada 1 Januari 2015.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (11/3/2014), Capricon menyatakan bahwa trek masih dibuka untuk publik karena orientasinya tetap di ranah motorsport. Mereka menjanjikan kucuran dana 34,7 juta dollar AS untuk renovasi dan pengembangan. Pusat teknologi akan dibangun dengan target besar, mengajak industri otomotif lebih menoleh ke Nurburgring.

F1?
Masih ada pertanyaan tersisa, apakah Nurburgring akan layak menggelar F1. Bernie Ecclestone, CEO F1 Management, sebelumnya selalu mengatakan bahwa masa depan Grand Prix Jerman akan tetap dihelat di Hockenheimring yang berpengalaman 30 kali mengadakan balapan tersebut.

Capricon hanya menjelaskan bahwa mereka menghormati karisma Nurburgring. Capricon menghargai bahwa puncak kesuksesannya ada pada ajang F1.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com