Wisata Kuliner Palembang bersama New Luxio

Kompas.com - 12/03/2014, 10:35 WIB
Daihatsu New Luxio di tepi jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan Febri ArdaniDaihatsu New Luxio di tepi jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan
|
EditorAris F. Harvenda

Palembang, KompasOtomotif – Uji berkendara New Luxio yang digelar Astra Daihatsu Motor (ADM), akhir pekan lalu (8-9 Maret 2014) punya konsep unik, yakni “Jelajah Kuliner Nusantara”. Serentak, 85 jurnalis dari seluruh Indonesia diajak pelesir secara terpisah sambil menjajal MPV 7-penumpang ke 4 kota besar, yaitu Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar. KompasOtomotif bersama 24 perwakilan media asal Jakarta dan Sumatera mendapatkan kesempatan mengunjungi Palembang.

Febri Ardani Aneka makanan khas Palembang.

Menyesuaikan target konsumen, selama dua hari perjalanan, 15 unit Luxio tipe tertinggi (X) bertransmisi manual dan otomatis dibawa wisata kuliner ke berbagai tempat terkenal di Ibu Kota Sumatera Selatan ini. Berbagai makanan khas bumi Sriwijaya dicicipi, mulai dari ikan pindang, martabak har, kue srikaya, model, hingga aneka pempek. 

“Luxio tetap untuk keluarga yang lebih mapan. Biasanya kalau weekend atau liburan, mereka pasti jalan-jalan dan makan-makan, itu kenapa kami pilih kuliner,” terang Rio Sanggau, Head Domestic Marketing Division ADM, di dealer Astra International Daihatsu Palembang, Sabtu (8/3/2014), sebelum memulai penjelajahan.

Febri Ardani Aksentuasi krom di eksterior

Elegan
Program ini merupakan aktivitas lanjutan untuk mengenalkan kembali produk di segmen semi bonnet itu dengan desain baru yang mengusung tagline “Sahabat Elegan”. Pembenahan Luxio terletak pada dua poin, yakni penampilan dan kenyamanan. Sebab itu ubahan hanya terdapat pada eksterior dan interior.

Mengejar kata elegan, paras makin rapi dan mengilap, aplikasi bahan krom bertebaran di banyak bagian, seperti pada lima bilah gril, garis bodi samping, spion, bingkai lampu belakang, rel pintu baris kedua, dan ujung knalpot.

Peminat bisa pilih diantara tawaran warna Dark Grey Metallic, Sonic Blue Metallic, Midnight Black Metallic, Classic Silver Metallic dan Icy White.

Febri Ardani Suasana kabin

Penumpang
Kenyamanan menjadi faktor penting pada pengembangan New Luxio. Berakting sebagai salah satu anggota keluarga, KompasOtomotif coba merasakan lebih dahulu sebagai penumpang.

Di dalam kabin, yang pertama terasa kelegaan, tipe bodi boxy jelas menghasilkan ruang kepala luas, formasi jok baris kedua (bisa maju mundur) dan ketiga efisien, hasilnya ruang kaki sangat lapang.

Rasa nyaman semakin ditunjang dengan reka bentuk jok anyar, lebih lebar 30 mm dan tebal 40 mm. Efeknya terasa empuk menopang badan. Fitur baru, sandaran tangan di jok tengah muat dua botol minuman, kelengkapan cocok buat perjalanan yang memakan waktu lama, misalnya membawa anak kecil ke ke luar kota.

Keluar masuk ke baris ketiga dari sisi kiri bisa lebih cepat dengan fitur 1-touch Tumble, kursi bisa dilipat dengan hanya menarik satu tuas. Secara keseluruhan, interior makin keren dengan warna hitam.

Febri Ardani Desain dashboard turut dibenahi

Mentok
Menyesuaikan interior, Dashboard dikemas lebih fungsional namun tetap elegan, ruang penyimpanan kini tertutup, desain kemudi diganti palang tiga, serta ditambahkan jam digital di bawah head unit 2DIN.

Posisi tuas transmisi di bagian tengah dashboard, membuat ruang aktivitas pengemudi terbilang lenggang, namun masalah yang dihadapi tetap sama dengan edisi terdahulu, ruang kaki sempit. Saat mencoba, lutut salah satu rekan media dengan tinggi 173 cm mentok di lekukan bagian tengah dasbor, padahal jok sudah dimundurkan.

Febri Ardani Daihatsu New Luxio makin elegan

Kesimpulan
New Luxio memanjakan konsumen yang punya banyak anggota keluarga dan suka berpergian. Ruang lega dan fungsionalitas kabin yang ditunjang perbaikan kenyamanan merupakan kelebihan yang ditawarkan, sementara desain elegan jelas jadi pembeda dibanding pemain di kelas yang sama. Jika posisi mengemudi juga mendapatkan porsi kenyamanan dan keleluasaan, makin membuat paket terasa komplet.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X