Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketegangan Rusia-Ukraina Mengkhawatirkan Prinsipal Otomotif

Kompas.com - 06/03/2014, 11:38 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Para eksekutif dari beberapa prinsipal otomotif dunia, seperti Ford, General Motors, dan Renault mengaku terus mengikuti perkembangan yang terjadi atas memanasnya hubungan Rusia dengan Ukraina. Mereka masih mempelajari dampak apa yang bisa terjadi terhadap kondisi Rusia sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di Eropa.

Dengan total penjualan 2,78 juta unit mobil pada tahun lalu (2013), Rusia merupakan salah satu pasar penting bagi prinsipal. Sebagai perbandingan, tahun lalu penjualan di Jerman-pasar terbesar di Eropa-mencapai 2,95 juta unit dan di Inggris 2,26 juta unit.

Tidak Stabil
"Kondisi terakhir sangat tidak stabil dan kami terus memantau setiap perkembangannya. Kami belum mengambil keputusan apa-apa dalam jangka pendek, karena masih terlalu dini untuk menyimpulkan sesuatu," jelas Stephen Odell, Kepala Ford Eropa dilansir Autonews Europe (5/3/2014).

Ford memproduksi Focus dan Mondeo di pabrik St Petersburg, Rusia. Kerjasama juga tengah dijalin dengan pabrikan lokal, Sollers, untuk merakit EcoSport dan Edge mulai tahun ini. General Motors juga punya pabrik di St Petersburg dengan kapasitas 350.000 unit per tahun.

"Kami juga terus memantau kondisi dan menyiapkan aksi yang perlu dilakukan. Ini merupakan pasar yang besar bagi kami," jelas Dan Amman, Presiden GM.

Kondisi Ekonomi
Renault dan Nissan tengah fokus meningkatkan penjualan negeri beruang merah, setelah berhasil membeli saham AvtoVAZ-produsen Lada-selaku produsen mobil terbesar di Rusia. Penjualan Renault naik 11 persen tahun lalu mencapai 210.099 unit. Kondisi ekonomi Rusia sudah mulai terpengaruh ketegangan politik itu, tercermin dari anjloknya nilai tukar Ruble ke level terendah sepanjang sejarah.

"Di Rusia kami punya ketertarikan ekonomi dan keuangan. Lokalisasi kami sangat tinggi, mendekati 80-85 persen. Jadi devaluasi bukan jadi masalah besar bagi kami, tapi masalah utamanya kondisi politik yang lagi memanas," beber Jerome Stoll, Chief Performance Officer Renault.

Total penjualan mobil di Rusia 2013 lalu turun 6 persen, menjadi hasil negatif pertama setelah tiga tahun sebelumnya terus tumbuh rata-rata 27 persen. Bahkan sebelum kondisi politik memanas, Asosiasi Bisnis Eropa yang berbasis di Moskwa, memprediksi total penjualan mobil tahun ini akan mencapai 2,73 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com