Toyota Gembleng Petugas Bea Cukai supaya ”Fasih” Soal Mobil

Kompas.com - 28/02/2014, 14:58 WIB
Para petugas Bea Cukai usai mendapat pelatihan otomotif dari Toyota di Toyota Training Center. TAMPara petugas Bea Cukai usai mendapat pelatihan otomotif dari Toyota di Toyota Training Center.
|
EditorAris F. Harvenda

Cibitung, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan pelatihan bagi pegutas Bea Cukai untuk lebih paham mengidentifikasi dan mengenal komponen mobil. Kegiatan ini dilakukan di Toyota Training Center (TTC), Cibitung, Jawa Barat, (25/2/2014) lalu. Diharapkan, petugas lebih mempunyai pengetahuan dalam proses dan teknik pemeriksaan produk otomotif.

Kegiatan berupa Diklat Pemeriksaan Barang Otomotif itu sudah dilaksanakan TAM sejak 2007, dan berhasil memberi bekal ratusan petugas Bea Cukai untuk bertugas sebagai penjaga pintu gerbang masuknya barang-barang impor.

Samuel Manasseh, Direktur TAM, menyebut bahwa, selama 2014 TTC akan memberikan tiga pelatihan bagi petugas Bea Cukai. “Toyota Indonesia mempunyai komitmen tumbuh bersama masyarakat melalui pengembangan SDM yang kompeten dan berkualitas. Pelatihan kami berikan tak hanya untuk internal Toyota namun juga melibatkan instansi pemerintahan,” ujarnya.

Pelatihan yang diberikan meliputi dua hal, Basic Automotive dan Vehicle Identification Number. Dalam materi pertama, diberi pelajaran tentang garis besar komponen kendaraan, komponen dan cara kerja mesin, komponen dan cara kerja drive train, komponen dan cara kerja sistem rem, tipe steering system, bodi kendaaran, dan pengenalan teknologi hibrida.

Sementara dalam pelatihan Vehicle Identification Number, diberikan materi berupa nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK/VIN) dan sertifikasi serta registrasi kendaraan bermotor. Tujuan akhir, para petugas Bea Cukai akan lebih terbantu mengenal mobil demi kelancaran tugasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X