Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Gembleng Petugas Bea Cukai supaya ”Fasih” Soal Mobil

Kompas.com - 28/02/2014, 14:58 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cibitung, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan pelatihan bagi pegutas Bea Cukai untuk lebih paham mengidentifikasi dan mengenal komponen mobil. Kegiatan ini dilakukan di Toyota Training Center (TTC), Cibitung, Jawa Barat, (25/2/2014) lalu. Diharapkan, petugas lebih mempunyai pengetahuan dalam proses dan teknik pemeriksaan produk otomotif.

Kegiatan berupa Diklat Pemeriksaan Barang Otomotif itu sudah dilaksanakan TAM sejak 2007, dan berhasil memberi bekal ratusan petugas Bea Cukai untuk bertugas sebagai penjaga pintu gerbang masuknya barang-barang impor.

Samuel Manasseh, Direktur TAM, menyebut bahwa, selama 2014 TTC akan memberikan tiga pelatihan bagi petugas Bea Cukai. “Toyota Indonesia mempunyai komitmen tumbuh bersama masyarakat melalui pengembangan SDM yang kompeten dan berkualitas. Pelatihan kami berikan tak hanya untuk internal Toyota namun juga melibatkan instansi pemerintahan,” ujarnya.

Pelatihan yang diberikan meliputi dua hal, Basic Automotive dan Vehicle Identification Number. Dalam materi pertama, diberi pelajaran tentang garis besar komponen kendaraan, komponen dan cara kerja mesin, komponen dan cara kerja drive train, komponen dan cara kerja sistem rem, tipe steering system, bodi kendaaran, dan pengenalan teknologi hibrida.

Sementara dalam pelatihan Vehicle Identification Number, diberikan materi berupa nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK/VIN) dan sertifikasi serta registrasi kendaraan bermotor. Tujuan akhir, para petugas Bea Cukai akan lebih terbantu mengenal mobil demi kelancaran tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com