Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Supra X 125 Punya Kelengkapan Isi Baterai Ponsel

Kompas.com - 26/02/2014, 17:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Desain baru sepeda motor Honda Supra X 125 FI yang baru saja diluncurkan Astra Honda Motor (AHM), Rabu (26/2/2014), mengusung tiga konsep, sporty-luxury, ramping, dan fungsional. Selain teknologi PGM-FI yang telah dibenamkan, Kenichiro Ikeda, Chief Engineer Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd menjelaskan sepeda motor pengisi kelas cub high ini memiliki banyak fitur unik.

Tampilan lebih segar dengan lampu depan multi reflektor bulb, terintegrasi dengan tameng angin. Sementara lampu sein menyatu dengan lampu senja, dimensi lebih besar agar lebih mudah dilihat pengguna jalan lain. Lampu lampu belakang memakai jenis LED 6 titik, desainnya meruncing dan terlihat sporty. Tampilan panel indikator semua baru, desain sayap tetap mempertahankan gaya tajam dan ramping seperti pendahulunya, namun tetap memperhitungkan ruang kaki.

Febri Ardani Detail Honda Supra X 125 FI

Charger
Ikeda menjelaskan, posisi riding 0,6 cm lebih rendah dibanding edisi terdahulu. Meski diklaim lebih ramping, kapasitas tangki meningkat 7,5 persen menjadi 4 liter, sedangkan boks penyimpanan kini memiliki volume lebih besar, yakni 7,3 liter. Di dalam boks, disematkan fitur unik dan tergolong baru untuk sepeda motor di Indonesia, power charger. Sumber listrik 12 watt ini bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai gadget menggunakan kabel tambahan.

Febri Ardani Fitur fungsional, power charger, untuk mengisi baterai gadget

Arus listrik akan menyala jika kontak berada di posisi “ON” atau ketika mesin dihidupkan. “Suhu di dalam boks memang sangat tinggi tapi kami sudah memperhitungkan semuanya, jadi tidak masalah. Sinyal ponsel juga dipastikan tidak mengganggu saat pengisian bahan bakar,” jelas Ikeda.

Solusi dari masalah lain yang coba diutarakan adalah ketahanan baterai, Ikeda menyarankan saat proses pengisian sebaiknya dilakukan saat mesin bekerja, dengan begitu aki akan selalu terisi. “Lagipula bila accu habis mesin masih bisa menyala dengan kick starter,” tukas Ikeda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com